Seleksi Rekrutmen Polri Tahun Ini Berbeda

Media Apakabar.com
Sabtu, 09 Maret 2019 - 17:25
kali dibaca
doc/apakabar
Mediaapakabar.com-Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) kembali membuka Rekrutmen anggota polisi, setelah sebelumnya membuka SIPSS.

Melansir Tribunnews.com Sabtu (9/3/2019), pendaftaran yang dibuka, antara lain untuk AKPOL 2019, Bintara Polri 2019, dan Tamtama Polri 2019.

Tahun 2019 ini tampaknya ada satu jenis tes yang belum pernah dilakukan pada tahun-tahun sebelumnya.

Jenis tes tersebut akan menjegal siapa saja calon polisi yang kerap berprilaku aneh di media sosial (Medsos). Saat ini, ada 9 jenis seleksi anggota Polri 2019.

Yakni Akpol, SIPSS, Bintara Polisi, Bintara TI, Tamtama, Bintara PTU dan Polwan, Bintara Pelayaran, Bintara Kimia dan Bintara Musik,  Bintara Penerbangan.

Paling pertama yakni Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana (SIPSS). Penerimaan ini bagi lulusan SMA, D-IV/S1 dan S2. Pendaftaran dibuka 15 Januari 2019 sampai dengan 31 Januari 2019.

Setelah SIPSS kini dibuka pendaftaran Taruna Akpol, Bintara hingga Tamtama. Pendaftaran ketiganya dimulai 26 Maret 2019.

Berikut jadwal lengkapnya, dan salah satu jenis tes baru yang bisa menjegal calon Taruna AKPOL, calon siswa Bintara Polri, maupun calon Tamtama Polri yang suka berprilaku aneh juga terlihat disini.

Taruna Akpol
Pendaftaran Mulai Tgl : 6 Maret 2019 hingga 26 April 2019. Persayaratan umum: Batasan usia paling rendah 18 tahun pada saat diangkat menjadi anggota Polri.

Selain itu, pendaftar tidak pernah dipidana karena melakukan kejahatan, dengan bukti Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK).

Sementara itu, dalam persayaratan tercantum keterangan bahwa pendaftar berijazah serendah-rendahnya SMA/MA jurusan IPA/IPS, mulai dari lulusan tahun 2014 hingga 2019.

Selain itu, ada syarat tinggi minaml 165 cm untuk pria dan 163 cm untuk wanita.

Bintara Polri
Pendaftaran Mulai Tgl : 26 Februari 2019 hingga 26 April 2019. Persyaratan: Syarat umum usia minimal 18 tahun saat dilantik menjadi anggota Polri.

Terdapat syarat khusus bahwa pendaftar minimal adalah lulusan SMA/sederajat, dari tahun 2018 atau 2019. Rekrutmen ini juga terbuka untuk lulusan D-III dan S-I.

Dalam hal ini, lulusan SMA/sederajat dikenai batasan usia 17 tahun 6 bulan dan maksimal 21 tahun. Sementara itu, lulusan D-III dibatasi maksimal 24 tahun, dan lulusan D-IV/S-I memiliki usia maksiaml 25 tahun.

Tamtama
Pendaftaran Mulai Tgl :  26 Februari 2019 hingga 26 April 2019. Pendaftar untuk Tamtama Brimob dibatasi yang memiliki ijazah serendah-rendahnya SMA/MA jurusan IPA/IPS/Bahasa/Agama.

Sementara pendaftar Tamtama Polair minimal memiliki ijazah SMK jurusan pelayaran.
Selain itu, ada batasan minimal usia 17 tahun 8 bulan dan usia maksimal 22 tahun pada saat pembukaan pendidikan.

Syarat Pendaftaran masing-masing formasi bisa dikases di Link ini http://penerimaan.polri.go.id/.
Adapun alur pendaftaran yakni: 1. Membuka Website pendaftaran Anggota Polri di Link ini http://penerimaan.polri.go.id/. 2. Pilih Jenis pendaftaran seperti Taruna Akpol, Bintara dan Tamtama. 3. Masukkan Data diri. 4. Upload Dokumen pendukung. 5. Catat Kartu Peserta

Jenis Tes Akpol
Seleksi Tingkat Daerah :1.pemeriksaan administrasi awal. 2.tes psikologi tahap I (tertulis). 3.pemeriksaan kesehatan tahap I. 4.tes kesamaptaan jasmani (samapta A dan B) dan renang. 5.pemeriksaan anthropometri. 6.tes akademik dengan menggunakan sistem Computer Assisted Test  (CAT) meliputi:pengetahuan umum. 7.bahasa Indonesia. 8.matematika (IPA dan IPS). 9.pemeriksaan kesehatan tahap II. 10.pendalaman PMK.

11.tes psikologi tahap II (wawancara). 12.pemeriksaan administrasi akhir. 13.sidang terbuka penetapan kelulusan tingkat Panda. Seleksi tingkat pusat Akpol : 1.pemeriksaan administrasi.

2.penelusuran rekam jejak media sosial; (ini tes baru yang bisa jegal mereka yang suka berprilaku aneh di Medsos) 3.pemeriksaan kesehatan (Rikkes I dan Rikkes II) serta
 kesehatan jiwa.

4.tes kesamaptaan jasmani (samapta A dan B) dan renang. 5.pemeriksaan anthropometri. 6.tes psikologi (wawancara). 7.tes Kemampuan Manajerial (TKM). 8.tes Bahasa Inggris dengan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT).

9.pendalaman PMK. 10.pemeriksaan penampilan. 11.sidang terbuka penetapan kelulusan tingkat pusat.

Bintara
Jalur seleksi Bintara terdiri dari 10 jenis yakni Bintara Umum, Polair, TI, Musik, Penerbangan, Kimia, Teknologi Tekstil, Dakwah Islam, Perawat dan Tata Boga.

Seleksi tingkat daerah :1.pemeriksaan administrasi awal. 2.penelusuran rekam jejak media sosial (ini tes baru yang bisa jegal mereka yang suka berprilaku aneh di Medsos). 3.tes psikologi tahap I. 4.tes kompetensi bagi calon Bintara Kompetensi Khusus (Bintara Teknik Informatika, Kimia, Musik. 5.Penerbang (Pilot), Dakwah Islam, Perawat, Tata Boga, Tekstil dan Pelayaran/Perkapalan).

6.pemeriksaan kesehatan tahap I. 7.tes kesamaptaan jasmani. 8.pemeriksaan antropometri.
9.tes akademik bagi Bintara PTU, Brimob, PPKT/Wiltas. 10.pemeriksaan kesehatan tahap II (termasuk Keswa). 11.tes psikologi tahap II. 12.pendalaman PMK. 13.pemeriksaan administrasi akhir.

Tamtama
Jalur seleksi Tamtama terdiri dari Tamtama Brimob dan Tamtama Polair. Ada jenis tesnya adalah Seleksi tingkat daerah : 1.pemeriksaan administrasi awal. 2. Penelusuran rekam jejak media sosial; (ini tes baru yang bisa jegal mereka yang suka berprilaku aneh di Medsos). 3.tes psikologi tahap I (tertulis). 4.pemeriksaan kesehatan tahap I.

 5.tes kesamaptaan jasmani (samapta A dan B), renang dan pemeriksaan anthropometri. 6.tes akademik. 7.pemeriksaan kesehatan tahap II (termasuk Keswa). 8.tes psikologi tahap II (wawancara). 9.pemeriksaan administrasi akhir. 10.sidang terbuka penetapan kelulusan akhir. (dani)
Share:
Komentar

Berita Terkini