|

Sah, Presiden Jokowi Resmikan MRT Pertama di Indonesia

Kali Dibaca
Rona wajah bahagia terus terpancar dari aktris Chelsea Islan lantaran bisa menjajal MRT bersama dengan Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana. Foto: Tribunnews
Mediaapakabar.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan beroperasinya moda raya terpadu (MRT) fase I Lebak Bulus-Bundaran HI hari ini, Minggu, 24 Maret 2019.

Lokasi peresmian berlangsung di Kawasan Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta Pusat. Ini adalah MRT pertama di Indonesia

Jokowi tiba di lokasi Bundaran HI sekitar pukul 08.30 WIB. Peresmian ini bertepatan juga dengan event car free day yang rutin dilaksanakan setiap Minggu pagi. Dia mengenakan kaos lengan panjang abu-abu dengan jeans biru.

Hadir pula Presiden Japan International Cooperation Agency (JICA) Shinichi Kitaoka, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, dan Direktur Utama MRT Jakarta William Sabandar.

Turut mendampingi Jokowi, di antaranya Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Menteri Desa, Pembangungan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) Eko Putro Sandjojo, serta Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara.

"Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim MRT fase pertama saya nyatakan dioperasikan," kata Jokowi, seperti yang dikutip dari Detik.com, Minggu (24/3/2019).

Meski telah diresmikan, MRT Jakarta akan benar-benar beroperasi secara komersial pada 1 April 2019. Selama seminggu dari tanggal 25 hingga 31 Maret 2019, MRT masih gratis.

Dalam pengoperasian gratis ini masyarakat tetap perlu membeli kartu. Masyarakat yang mau menggunakan MRT Jakarta nantinya menempelkan kartu ke alat pembayaran tapi saldonya tidak terpotong.

Ada dua jenis kartu untuk MRT yakni single trip dan multi trip ticket. Harga untuk single trip sebesar Rp 15 ribu dan multi trip Rp 25 ribu.

Jumlah kartu yang dicetak untuk single trip sebanyak 490 ribu kartu dan multi trip 300 ribu kartu. Kartu ini bisa didapatkan masyarakat di vending machine dan sales offices di tiap stasiun MRT.  (AS)
Komentar

Berita Terkini