Rumah Ibadah Bisa Bermanfaat Secara Ekonomi Bagi Umat

Media Apakabar.com
Minggu, 24 Maret 2019 - 22:52
kali dibaca
Rumah Ibadah Bisa Bermanfaat Secara Ekonomi Bagi Umat
Wakil Gubernur Sumatera Utara Musa Rajekshah menghadiri dan membuka acara Muslimah Fest 2019 di Mesjid Jami' Nurul Ihsan Jalan Durung, Kota Medan, Sumatera Utara, Sabtu (23/03). 

Mediaapakabar.com-Wagubsu Musa Rajekshah mengimbau agar rumah ibadah dapat dijadikan sebagai pusat kegiatan masyarakat sehingga bermanfaat secara ekonomi bagi umat. Sebab semangat membangun masjid juga harus diikuti dengan upaya memakmurkannya.

Hal itu disampaikannya ketika membuka kegiatan Muslimah Fest 2019 di Masjid Nurul Ihsan, Jalan Durung Medan pada Sabtu (23/3/2019).

" Intinya adalah bagaimana kita bisa memakmurkan masjid. Datang ke masjid, diisi lebih banyak safnya, khususnya saat salat subuh, kita tambah lagi safnya. Tambah lagi event seperti ini banyak manfaat. Selain bisa menghadirkan orang untuk datang ke masjid, juga punya manfaat ekonomi."

Kegiatan seperti ini kata Wagub, sangat baik dan harus terus dilakukan, tidak hanya di satu masjid, tetapi di semua masjid dan rumah ibadah.

Ia berharap ini bisa menjadi contoh bagi umat Islam yang lain menggaungkan Islam Rahmatan Lil Alamin melalui berbagai acara yang menarik. Hal ini dicotohkannya seperti saat momentum Ramadhan setiap tahun.

Selama satu bulan, pelataran dan lingkungan sekitar masjid ramai diisi kegiatan mulai dari ibadah hingga perdagangan.

Musa yang akrab disapa Ijeck itu mengatakan Insya Allah kalau kegiatan ini dengan semangat bersama, kompak, saya yakin masjid kita bisa lebih baik, lebih makmur dan banyak umat yang datang. Karena untuk membangun Sumut, pertama adalah bagaimana masyarakat kita imannya baik.

Ijcek juga menyemangati masyarakat khususnya kaum ibu dan anak muda remaja masjid untuk terus menggaungkan syiar agama dengan banyak jalan. Sebab dirinya yakin, jika umat pantang menyerah, maka Allah akan berikan petunjuk dan jalan kebaikan.

" Yang terpenting juga kita harus menjaga kekompakan, karena saat ini suasana sepertinya terlampau gampang kita dipecah belah. Jadi saya minta kebersamaan ini tetap dijaga."

Sementara Ketua BKM Masjid Nurul Ihsan, Zainul Fuad menjelaskan bahwa kegiatan ini sebagai bagian dari upaya mengembalikan fungsi masjid yang tidak hanya sebagai tempat salat dan mengaji saja.

Tetapi masjid seperti di masa Rasulullah, adalah sumber atau tempat munculnya peradaban. Rasul menciptakan peradaban dimulai dari masjid.

" Maka kita akan mencontoh apa yang digerakkan Rasul di masa itu. Mulai dari pemberdayaan masyarakat secara ekonomi, sosial apalagi keagamaan. Ini yang kurang diperhatikan." (joel)

Share:
Komentar

Berita Terkini