Rocky Gerung Terkesima Lihat Penampilan Ma'ruf: Lebih Percaya Diri dari Sandi

Admin
Selasa, 19 Maret 2019 - 10:03
kali dibaca
Pengamat politik Rocky Gerung. Foto: Sindonews
Mediaapakabar.com - Pengamat politik Rocky Gerung menilai calon wakil presiden Ma'ruf Amin lebih percaya diri dibandingkan lawannya, Sandiaga Uno, saat tampil pada acara Debat Cawapres Pilpres 2019. Dia terkejut dengan penampilan Ma'ruf.

"Kiai Ma'ruf lebih percaya diri daripada Sandi. Masyarakat tidak menduga Kiai Ma'ruf bisa tenang, lengkap ungkapannya. Iya surprise (dibanding dengan debat sebelumnya)," kata Rocky dalam program Layar Pemilu Terpercaya CNN Indonesia TV, Minggu (17/3).

Rocky menyebut debat kali ini tidak membosankan jika dibandingkan dengan dua debat sebelumnya yang juga menampilkan dua calon presiden, Joko Widodo dan Prabowo Subianto.

"Saya katakan bahwa Kiai Ma'ruf lebih paham dengan Pak Jokowi," kata akademisi yang kerap mengkritik Jokowi ini.

Namun menurutnya, Ma'ruf sempat menurun penampilannya di akhir debat. Di sisi lain, kata Rocky, Sandi mulai memanaskan debat dengan menumpahkan pengetahuan dan pengalamannya.

"Di depan kamera, Sandi lebih unggul secara substansi," ujar Rocky seperti yang dikutip dari CNNIndonesia.
Sementara, politikus Golkar Nusron Wahid mengatakan latar belakang Ma'ruf sebagai Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia, tak lepas dari urusan perdebatan. Menurutnya, Ma'ruf sering berdebat sebelum mengeluarkan sebuah fatwa.

"Latar belakang Ma'ruf penuh perdebatan, 30 tahun aktif di fatwa ulama," kata Ketua Bidang Pemenangan Pemilu Golkar itu.


Dia menilai penampilan Ma'ruf pada debat kali ini di luar dugaan. Terlebih dengan penyebutan beberapa istilah seperti #10YearsChallenge maupun DUDI yang merupakan singkatan dari dunia usaha dan dunia industri.

Nusron mengatakan Sandi belum tentu menguasai ilmu tentang hukum Islam atau fikih yang kerap melekat pada sosok kiai seperti Ma'ruf. Sedangkan Ma'ruf malam itu dianggap cukup mengagetkan dengan istilah-istilah yang dia lontarkan. 

"Mengejutkan di luar ekspektasi, tapi saya tidak kaget," kata Nusron.

Istilah #10YearsChallenge merupakan tagar yang sempat viral pada awal 2019 saat netizen membagikan foto mereka tahun ini disandingkan dengan foto sepuluh tahun sebelumnya.(AS)
Share:
Komentar

Berita Terkini