Para Caleg Takut Pasang Foto Jokowi pada Alat Peraga Kampanye di Sumbar, Ternyata Ini Alasannya

Admin
Jumat, 29 Maret 2019 - 08:52
kali dibaca
Caleg partai pendukung Jokowi enggan memasang foto Jokowi di balihonya. Foto diambil di Jalan Khatib Sulaiman Padang, Sumatera Barat, Kamis (28/3/2019).  Foto: Kompas.com
Mediaapakabar.com - Mayoritas calon legislatif (caleg) dari partai pendukung calon presiden dan wakil presiden Jokowi-Ma'ruf Amin di Padang, Sumatera Barat, tidak memasang foto capres nomor urut 01 itu di alat peraga kampanye (APK).

Dari pantauan di Padang, Kamis (28/3/2019), hanya segelintir caleg dari parpol pendukung Jokowi yang memasang foto Jokowi di alat peraga kampanye miliknya.

Kondisi ini berbanding terbalik dengan caleg parpol pendukung Prabowo Subianto-Sandiaga Uno yang mayoritas memasang foto capres nomor urut 01 itu di baliho masing-masing.

Salah seorang caleg dari parpol pendukung Jokowi, Novrianto, yang dihubungi, Kamis (28/3/2019), membenarkan fenomena tersebut. Kondisi ini, lanjut dia, wajar terjadi karena Sumbar adalah basis pendukung Prabowo Subianto.

"Wajar saja. Sama dengan Papua dimana caleg pendukung Prabowo Subianto yang enggan terang-terangan membela capresnya," ujar caleg dari Partai Perindo ini seperti yang dilaporkan Kompas.com.

Novrianto memperkirakan, para caleg tersebut enggan mencantumkan gambar capres yang didukung partainya karena tidak ingin suaranya tergerus akibat terang-terangan mendukung Jokowi-Maaruf Amin di basis suara Prabowo Subianto.

"Si caleg mungkin saja tidak mau berspekulasi dengan terang-terangan mendukung Jokowi. Takut suaranya berkurang. Sumbar adalah basis massanya Prabowo," ujarnya.

Sikap berbeda ditunjukkan Ketua DPD Partai Hanura Sumbar Marzul Veri yang juga menjadi caleg untuk DPR RI. Marzul secara terang-terangan mendukung Jokowi dan memajang foto capres nomor urut 01 itu di setiap alat peraga kampanye miliknya.

"Saya dari dulu adalah pendukung Jokowi. Saya komit mendukung beliau secara terang-terangan. Buat apa sembunyi-sembunyi apalagi takut tidak dipilih rakyat. Kuasa itu ada di tangan Tuhan," tegasnya.

Marzul Veri juga menyentil sikap caleg dari parpol pendukung Jokowi yang enggan memajang foto Jokowi di APK nya.

"Jika caleg parpol pendukung Jokowi berani mensosialisasikan Jokowi dengan memajang fotonya di APK, saya yakin akan berpengaruh terhadap peningkatan suara Jokowi. Parpol pendukung Jokowi lebih banyak daripada yang di sebelah," ujarnya. (AS)
Share:
Komentar

Berita Terkini