|

Kerjasama Bakamla-Triasmitra Dengan Casystem

Kali Dibaca
doc/apakabar
Mediaapakabar.com-Untuk menindaklanjuti perjanjian kerjasama Triasmitra-Bakamla di bidang pengawasan dan monitoring pengamanan sistem komunikasi kabel laut, Triasmitra menghadirkan sistem monitoring kabel laut yang dinamakan Casystem diintegrasikan ke Puskodal Bakamla.
 
Kehadiran Direktur Utama PT. Ketrosden Triasmitra Titus Dondi Patria beserta rombongan disambut langsung Kepala Bakamla RI Laksdya A. Taufiq. R., diruang rapat Podcast Markas Komando Bakamla RI, Gedung Perintis Kemerdekaan, Jl. Proklamasi No.56, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (25/3/2019).
 
Titus mengatakan tindaklanjut perjanjian kerjasama ini bertujuan memberikan perlindungan dan pengamanan sistem komunikasi kabel laut. 

" Keamanan kabel laut menjadi hal yang sangat penting baik bagi perusahaan/operator pemilik kabel laut maupun perusahaan swasta lainnya yang ikut membantu dan berkontribusi dalam melakukan pengamanan sistem kabel laut di Indonesia." 
 
Titus mengatakan, selama ini jika ada kabel laut yang putus oleh kapal laut, maka yang memperbaiki kembali adalah perusahaan pemilik kabel laut. 

Namun dengan adanya kerja sama Triasmitra dengan Bakamla, kapal yang mengakibatkan putusnya kabel laut bisa diminta pertanggungjawaban untuk memperbaiki kerusakan kabel tersebut. 

Saat ini, Triasmitra telah melakukan berbagai sistem keamanan kabel laut, diantaranya dengan memonitoring dan mengarahkan aktifitas pergerakan kapal yang memiliki AIS (Autometic Indentifikasi System) di sepanjang jalur kabel laut yang berpotensi merusak kabel laut dengan casystem yang dimilikinya. 

Triasmitra juga melakukan patroli laut secara rutin di daerah yang rawan kerusakan kabel seperti area dekat pelabuhan, pertambangan dan daerah rawan kabel laut lainnya. 

Kapal patroli ini juga melakukan pengarahan apabila ada kapal yang tidak ber-AIS ditemukan membuang jangkar disekitar area kabel.
 
Kepala Bakamla memerintahkan kepada pejabat Bakamla segera mengintegrasikan casystem yang dimiliki Triasmitra dengan sistem Bakamla dan terintegrasi juga di Stasiun Pemantauan Keamanan dan Keselamatan Laut (SPKKL) yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. 

" Update posisi kabel laut yang ada dan buat protap pelaksanaan operasi dalam pengamanan kabel laut," kata Taufiq. 
 
Turut mendampingi Kepala Bakamla seluruh pejabat eselon II Bakamla RI. (rel) 
Komentar

Berita Terkini