DANA Kapabilitas Pembayaran Digital Indonesia

Media Apakabar.com
Selasa, 26 Maret 2019 - 18:55
kali dibaca
Dari kiri ke kanan: Sean Kim CEO TIXID, Vincent Iswara CEO DANA, James pendiri Kopi Kenangan, dan Kaspar Situmorang dari BRI.
Mediaapakabar.com-Satu tahun diperkenalkan ke publik, DANA dompet digital Indonesia, menunjukkan kapabilitasnya sebagai infrastruktur pembayaran digital. 

DANA makin dapat diandalkan oleh setiap lapisan masyarakat di Indonesia, untuk meningkatkan produktivitas di setiap kegiatan ekonomi yang mereka lakukan.

“ Misi kami adalah menjadikan setiap pelaku kegiatan ekonomi di negeri ini makin produktif dan berdaya saing tinggi sehingga ekonomi mereka berkembang secara signifikan. Untuk memberikan kemudahan dan kecepatan, serta cerdas, fleksibel, dan terjamin keamanannya,” kata Vincent Iswara, CEO DANA di Jakarta Senin (25/3/2019).

Vincent menyebutkan, untuk mencapai misi tersebut, dalam setahun pertama, DANA telah mengembangkan berbagai layanan yang memperkuat fungsinya sebagai dompet digital dari, oleh, dan untuk Indonesia. 

Vincent memberi contoh berbagai jenis pengusaha baik offline maupun online, dapat langsung melakukan semua transaksi secara digital, non tunai dan non kartu. 

Pengusaha offline diantaranya adalah para pedagang di pasar tradisional, pengemudi jasa transportasi umum. Pemilik toko individual hingga gerai-gerai yang memiliki ratusan cabang. 

Seperti Ramayana, KFC, Sour Sally, Gulu Gulu, Hoka-Hoka Bento, Wendy’s, Coffee Bean, Baskin Robbins, Bakmi GM, Domino’s, Rejuve, hingga Kopi Kulo dan Kopi Kenangan. 

DANA bisa digunakan di jaringan pengguna Moka POS, sehingga mereka pun memiliki akses untuk dibayar menggunakan kartu kredit dan kartu debit yang sudah disimpan di dompet digital DANA. 

Sementara, pengusaha online seperti para pelaku bisnis e-commerce dan media sosial, atau startup individual, dapat siap melayani transaksi nontunai dan nonkartu dengan memanfaatkan layanan-layanan yang tersedia pada dompet digital DANA. 

Sinergi DANA dengan Dunia Usaha dan Perbankan 

Selain pengusaha dan pengguna individual, dompet digital DANA berkolaborasi dengan perbankan untuk meningkatkan jumlah pengguna layanan perbankan sekaligus untuk meningkatkan inklusi finansial secara luas. 

Melalui sinergi dengan DANA, bank-bank yang memiliki jumlah cabang terbatas tetap dapat meningkatkan jumlah pengguna layanannya karena baik pengguna maupun pengusaha memiliki opsi untuk menyimpan akunnya di DANA, ataupun mengirimkan uang ke rekening bank melalui DANA. 

Kaspar Situmorang, EVP Digital Centre of Excellence, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) mengatakan, dari sisi pelaku usaha, transaksi menggunakan DANA juga dapat membuat bisnis berjalan lebih produktif dan efisien. 

Mereka bahkan tak perlu khawatir jika tidak memiliki uang pecahan untuk kembalian atau khawatir dengan risiko kehilangan uang. Dengan dompet digital DANA, transaksi dengan nominal tak lazim seperti Rp1 pun dapat terlayani.

“ Kolaborasi BRI dengan DANA juga dapat membantu mengoptimalkan upaya kami optimistis, sinergi ini juga makin membuka peluang bagi para pelaku usaha konvensional untuk go-digital, memanfaatkan teknologi terkini, dan meningkatkan daya saing di era 4.0." 

Pendapat senada juga disampaikan oleh Sean Kim, CEO platform hiburan terpadu TIXID. " Sinergi kami dengan dompet digital DANA menghadirkan pengalaman pengguna. Kemudahan dan kepraktisan dalam membeli tiket-tiket pertunjukkan yang disediakan TIXID." 

DANA memiliki Data Center (DC) dan Data Recovery Center (DRC) di Indonesia, yang merupakan salah satu DC dan DRC mumpuni dalam menangani skalabilitas transaksi yang tinggi. 

Dengan teknologi yang tinggi yang dimiliki, DANA mampu melakukan risk management yang canggih untuk melindungi pengguna.  (abi)






Share:
Komentar

Berita Terkini