Tips Mengembalikan Pesan yang Telah Terhapus di Aplikasi WhatsApp

Admin
Kamis, 07 Februari 2019 - 09:35
kali dibaca
Ilustrasi WhatsApp. (cdn.kalingatv.com)
Mediaapakabar.com - Tips teknologi kali ini akan membahas cara mengembalikan pesan WhatsApp yang terhapus.

Aplikasi pesan WhatsApp memungkinkan penggunanya untuk menghapus pesan tertentu yang dikirim baik perorangan ataupun melalui grup.

Menurut laman iflscience, beberapa waktu lalu, pesan yang dihapus sebenarnya disimpan di ponsel dan dapat dipulihkan dengan menggunakan fitur pemulihan aplikasi.

Melansir Tempo.co, riwayat obrolan tersebut tidak disimpan di server WhatsApp, tapi pesan didukung dan disimpan di berbagai tempat yang tidak dilindungi oleh enkripsi ujung-ke-ujung WhatsApp.

Untuk WhatsApp iPhone dicadangkan di iCloud, sementara Android di Google Drive, keduanya bisa beroperasi secara otomatis dan bisa dilakukan secara manual.

Memulihkan riwayat obrolan dari iCloud lebih mudah. Setelah memverifikasi bahwa ada cadangan, cukup hapus dan instal ulang WhatsApp dari App store, verifikasi nomor telepon dan ikuti petunjuk untuk memulihkan riwayat obrolan.

Bahkan terdapat opsi untuk mengirim salinan salinan seluruh riwayat obrolan kepada pengguna. Memulihkan pesan WhatsApp dari Google Drive juga mudah.

Cukup hapus dan instal ulang WhatsApp, verifikasi nomor telepon Anda, dan tekan Restore.

Tapi, perlu digarisbawahi, semua pesan WA yang ingin dikembalikan sebelumnya harus ter-backup di cadangan yang Anda pilih. Kalau tidak, ya pesan tersebut tidak bisa dikembalikan.

WhatsApp selalu melakukan pembaruan untuk mempermudah penggunanya. Menurut laman memeburn, Selasa, 5 Februari 2019, WhatsApp baru saja melakukan pembaruan dengan menghadirkan fitur keamanan ID Wajah dan ID Sentuh pada WhatsApp iOS. Dan akan menyusul untuk perangkat Android. (AS)
Share:
Komentar

Berita Terkini