|

Sekda Minta Harga Stabilitas Harga Pangan Dijaga

Kali Dibaca
Sekda Minta Harga Stabilitas Harga Pangan Dijaga
Doc: apakabar
Mediaapakabar.com-Sekdaprovsu Hj Sabrina mengingatkan agar para Sekretaris Daerah (Sekda) di masing-masing Kabupaten/Kota dapat menjaga stabilitas harga pangan. 

Selain itu juga menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) menjelang Pemilu 2019. Sebab kedua hal ini pemicu terjadinya konfik di kalangan masyarakat.

Hal itu dikatakannya saat membuka Rapat Konsolidasi Sekdakab/Sekdako se-Sumut di Aula Raja Inal Siregar Kantor Gubernur, Jalan Diponegoro No.30 Medan Jumat (15/2/2019). 

“ Ini juga dalam upaya mengantisipasi persoalan yang (mungkin) muncul di masyarakat. Apalagi ini menjelang Pemilu, kita harus sampaikan kepada seluruh ASN (aparatur sipil Negara) untuk netral,” ujar Sabrina. 

Terkait soal kestabilan harga pangan menurutnya, ini merupakan faktor yang utama. Sebab hal ini menyangkut masalah hajat hidup orang banyak. Sehingga pengembangan ekonomi daerah harus tetap menjadi perhatian.

“Yang kedua, kondusifitas masyarakat jelang Pemilu. Karena ada aturan bahwa Pemda wajib mendukung (terlaksananya Pemilu dengan baik). Ini kewajiban kita sebagai pemerintahan daerah untuk mensukseskan Pemilu serentak,” sebut Sabrina.

Beberapa hal lain lanjut Sabrina, dalam teknis pelaksanaan Pemilu misalnya, perlu ada petugas Linmas (Perlidungan Masyarakat) sebanyak dua orang untuk setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS). Namun pengadaannya tidak semua Kabupaten/Kota menganggarkan dalam APBD 2019. Untuk itu perlu ada upaya agar kebutuhan tersebut bisa dipenuhi di semua daerah. 

Dalam kesempatan itu, Sabrina menyampaikan bahwa rapat konsolidasi tersebut merupakan langkah awal guna menguatkan silaturahim seluruh Sekretaris Daerah di Sumut yang terdiri dari 33 kabupaten/kota. Karena meskipun disebutkan adanya otonomi daerah, namun perlu ada pemerintahan provinsi yang mengkoordinir seluruhnya.

Sekda Kota Medan, Wirya Alrahman yang juga Ketua Pengurus Forum Sekretaris Daerah Seluruh Indonesia (Forsesdasi) Provinsi Sumatera Utara menanggapi apa yang disampaikan
Sekdaprov Sumut terkait keterjangkauan harga barang dan jasa. 

Sekalipun sulit, namun pemerintah tidak bisa tinggal diam. Salah satunya adalah dengan menaikkan gairah perekonomian melalui kemudahan investasi dan perizinan. (*/joel)


Komentar

Berita Terkini