|

Reses Hj Hamidah : Masyarakat Inginkan Perbaikan Jalan Dan Drainase

Kali Dibaca
Reses Hj Hamidah : Masyarakat Inginkan Perbaikan Jalan Dan Drainase
Anggota komisi A DPRD Medan Hj Hamidah ,menggelar reses I termin ke dua di Jalan Dwikora Kelurahan Tegal Rejo Medan Perjuangan.Doc:apakabar
Mediaapakabar.com-Memasuki masa reses tahun 2019, seluruh anggota DPRD Kota Medan, turun ke Daerah Pemilihan (Dapil) mereka masing-masing untuk menampung aspirasi dari konsituennya. Reses merupakan salah satu agenda anggota Dewan sebagai wakil rakyat untuk menyerap aspirasi rakyat yang diwakilinya.

Reses juga untuk mengawal program pemerintah di daerah pemilihan (Dapil) masing-masing serta mendorong percepatan peningkatan kesejahteraan rakyat. Semua usulan reses tidak sekadar ditampung melainkan diwujudkan sebagai bentuk respon atas kebutuhan urgen masyarakat.

Anggota komisi A DPRD Medan Hj Hamidah menjelaskan, reses merupakan komunikasi dua arah antara legislatif dengan masyarakat (konstituen) melalui kunjungan kerja secara berkala. Perlu digaris bawahi, ini kewajiban anggota DPRD untuk bertemu dengan masyarakatnya secara rutin pada setiap masa reses.

“Istilah reses ini terdapat dalam Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 162 Tahun 2004 dan Peraturan Pemerintah Nomor 25 Tahun 2004,” kata Hj Hamidah yang juga Ketua Fraksi PPP DPRD Medan Jumat (22/2) di Medan.

Menurutnya, diluang waktu masa reses inilah para anggota DPRD mendapatkan kesempatan pulang ke dapilnya masing-masing sambil menyerap informasi dan aspirasi rakyat yang diwakilinya.

Kata Hj Hamidah , hal ini bertujuan menyerap dan menindaklanjuti aspirasi konstituen dan pengaduan masyarakat guna memberikan pertanggungjawaban moral dan politik kepada konstituen di dapil masing-masing sebagai perwujudan perwakilan rakyat dalam pemerintahan.


Reses Hj Hamidah : Masyarakat Inginkan Perbaikan Jalan Dan Drainase
Doc:apakabar
Peserta reses, lanjut Hj Hamidah, melibatkan seluruh elemen masyarakat dintaranya camat,lurah, TNI/Polri, Orsospol, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh agama, LSM, OKP, serta kelompok masyarakat lainnya.

“Luang waktu reses ini, merupakan waktu kegiatan anggota DPRD di luar kegiatan masa sidang dan di luar gedung. Waktu-waktu reses itu mengikuti masa persidangan, yang telah ditetapkan dan dilakukan sebanyak 3 kali dalam setahun. Misalnya diperiode 2019 ini di bulan Februari, Juni atau Juli dan bulan November atau Desember,” jelas Hj Hamidah.

Diketahui secara perorangan atau kelompok, setiap anggota DPRD wajib membuat laporan tertulis atas hasil pelaksanaan tugasnya pada masa reses, hal tersebut mengacu pada Pasal 64 ayat (6) PP No 16 Tahun 2010, selanjutnya hasil reses itu, disampaikan kepada pimpinan DPRD dalam rapat Paripurna.

Sementara itu, Minggu (10/2) Hj Hamidah menggelar reses termin pertama di Jalan Beringin Nomor 3 Kompleks Wartawan Krakatau Sidorukun Pulo Brayan Darat II Medan Timur. Reses yang dihadiri ratusan masyarakat yang di dominasi kaum ibu itu menyampaikan, agar Pemko Medan segera melakukan penambahan lampu penerangan jalan di sepanjang Jalan Sidorukun Ujung.

Selain itu, melalui Hj Hamidah masyarakat menyampaikan agar Pemko Medan segera melakukan perbaikan jalan dan drainase yang rusak di Sidomulyo – Medan Timur.

Sebelumnya, Camat Medan Timur M Odi Anggia Batubara, S STP dalam kata sambutannya mengatakan, seluruh aspirasi masyarakat yang disampaikan hari ini kepada Hj Hamidah, yang mungkin pada tahun-tahun lalu belum terlaksana. Pada 2019 ini akan diupayakan untuk dilaksanakan.

“Ibu Hj Hamidah adalah perwakilan rakyat dari dapil Medan Timur, apa yang menjadi keinginan bapak ibu kepada pemerintah kota dapat disampaikan hari ini. Karena reses ini bertujuan untuk membantu apa-apa keinginan masyarakat, sebagai wakil rakyat ibu Hj Hamidah dapat membantu bapak-ibu,” kata Odi Anggia.

Reses yang meriah, hangat dan penuh keakraban itu, selain kepling juga turut dihadiri Lurah Pulo Barayan Darat II Desi Chalijah Harahap beliau mengharapkan, masyarakat dapat senantiasa bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan. Karena kebersihan bukan hanya tanggungjawab seseorang, tapi tanggung jawab bersama.

Sementara itu sebagai wakil rakyat, pada hari Sabtu (16/2) Hj Hamidah kembali menggelar reses I termin ke dua di Jalan Dwikora Kelurahan Tegal Rejo Medan Perjuangan. Ratusan masyarakat yang berlimpah memadati lokasi banyak menyampaikan aspirasi kepada wakil rakyat yang santun dan ramah ini.

Medan Perjuangan sebagai salah satu daerah pemilihan (dapil) HJ Hamidah (dapil III meliputi Medan Timur, Medan Perjuangan dan Medan Tembung) adalah satu kawasan yang tidak luput dari perhatian Hj Hamidah. Dalam reses itu, masyarakat Tegal Rejo mengharapkan pemerintah kota atau instansi terkait segera melakukan penyuluhan tentang bahaya narkoba.

Di daerah ini, masyarakat juga mengharapkan agar PDAM Tirtanadi dapat meningkatkan pelayananannya. Karena akhir-akhir ini pelayanan/ distribusi air Tirtanadi tidak optimal (air leading/ Air pet) sering mati. Melalui Hj Hamidah masyarakat mengharapkan agar dapat meneruskan aspirasi ini kepada instansi terkait.

Serupa dengan keluhan masyarakat Pulo Brayan Darat II- Medan Timur, masyarakat Jalan Dwikora Kelurahan Tegal Rejo-Medan Perjuangan. Kepada Hj Hamidah masyarakat juga menyampaikan pemerintah segera melakukan perbaikan jalan dan drainase. Saat ini dikawasan mereka jalan banyak yang rusak dan drinase yang ada tidak berfungsi dengan baik.

Masyarakat konstituen mengharapakan reses Hj Hamidah bermanfaat dan seluruh aspirasi yang disampaikan dapat diteruskan dan dilaksanakan pemerintah kota dengan sebaik-baiknya. (Sugandhi Siagian)  
Komentar

Berita Terkini