Pernikahan Ryan Dan Ika Kental Adat Melayu

Media Apakabar.com
Jumat, 01 Februari 2019 - 23:16
kali dibaca
Nuansa Melayu begitu kental terlihat saat prosesi adat pernikahan Tengku M. Ryan Novandi dengan Ariska Putri Pertiwi di Istana Maimun Medan pada Jumat (1/2/2019).Doc:apakabar/rel
Mediaapakabar.com-Nuansa Melayu begitu kental terlihat saat prosesi adat pernikahan Tengku M. Ryan Novandi dengan Ariska Putri Pertiwi di Istana Maimun Medan pada Jumat (1/2/2019).

Tengku M Ryan Novandi merupakan putra sulung mantan Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi dan Evi Diana Br Sitorus. Sedangkan Ariska Putri Pertiwi, putri pasangan Letkol Sudi Warsito dan Hariati Hamzah Hasibuan.

Pasangan pengantin ini melangsungkan akad nikah di Masjid Raya Al Mashun Medan.

Pada prosesi adat di Istana Maimun, sang pengantin mengenakan pakaian kebesaran Melayu berwarna krim dibalut kuning keemasan. Sementara kedua orangtua mempelai juga mengenakan setelan pakaian Melayu berwarna kuning.

Ika sapaan akrab Ariska Putri Pertiwi tiba terlebih dahulu di Istana Maimun. Menyusul sehabis shalat Jumat, rombongan Ryan, panggilan Tengku M Ryan Novandi tiba.

Ryan ditandu yang dipikul empat orang dari halaman Istana Maimun menuju tangga pintu masuk istana Kesultanan Deli tersebut.

Sebelum menuju pelaminan, dimana pengantin wanita telah menunggu, Ryan dan keluarga dihadang bentangan kain panjang (palang pintu) dijaga dua pemuda. Utusan pengantin pria dan pengantin wanita saling berpantun sebelum membuka palang pintu tersebut.

Selanjutnya pengantin pria di antar menuju pelaminan. Namun sesampai di sana tidak langsung diperbolehkan duduk di pelaminan yang dijaga dua wanita merentangkan kain panjang.

Pada acara yang disebut hempang kipas ini para penjaga ingin kembali memastikan syarat adat yang harus diberikan. Sesudahnya kedua mempelai baru diperbolehkan bersanding di pelaminan.

Setelah itu diadakan acara doa bersama dilanjutkan tepung tawar sebagai tradisi turun menurun masyarakat Melayu guna menyucikan diri. Acara ditutup dengan makan hadap-hadapan lengkap dengan lauk-pauknya dan aneka kue. Acara ini hanya dihadiri para ibu dari kedua belah pihak.

Pantauan awak media, prosesi adat ini dihadiri sejumlah tokoh Sumut, luar Sumut serta sahabat Ryan dan Ariska dari mancanegara.

Ryan menyelesaikan studi di Amerika Serikat. Sementara Ariska Putri Pertiwi merupakan Miss Grand International 2016 sarjana kedokteran dari Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sumatera Utara (UISU).

Pada Sabtu (2/2/2019), resepsi pernikahan (pesta rakyat) Tengku M. Ryan Novandi yang merupakan Caleg DPRD Sumut nomor urut 2 dari Partai NasDem dapil 1 (Medan A) berlangsung di lapangan Benteng Medan mulai siang hingga malam hari.

Ryan mengikuti sang ayah, Tengku Erry Nuradi terjun kedunia politik dimana Tengku Erry Nuradi merupakan Caleg DPR RI nomor urut 2 juga dari Partai NasDem dapil Sumut 1 (Medan, Deli Serdang, Serdang Bedagai, Tebing Tinggi).  (*/joel)
Share:
Komentar

Berita Terkini