Pemerintah Jepang Gelar 'Japan Day' Di Batubara

Media Apakabar.com
Kamis, 21 Februari 2019 - 17:21
kali dibaca
Pemerintah Jepang Gelar 'Japan Day' Di Batubara
Gedung Belajar MTs Citra Abdi Negoro yang dibangun dengan bantuan Hibah Grassroots dari Pemerintah Jepang.
Mediaapakabar.com-Pemerintah Jepang melalui Konsulat di Medan menyelenggarakan 'Japan Day' MTs Citra Abdi Negoro, Kabupaten Batubara Rabu (20/2/2019). 

Acara tersebut digelar sebagai peringatan peresmian Gedung Belajar MTs Citra Abdi Negoro yang dibangun dengan bantuan Hibah Grassroots dari Pemerintah Jepang. Bantuan yang diberikan berjumlah Rp 846.085.460 dan direalisasikan di tahun anggaran 2011.  

Gedung sekolah yang didirikan dengan bantuan hibah Grassroots dari Pemerintah Jepang merupakan bangunan dua lantai terdiri dari delapan ruang kelas serta empat toilet.  

Acara 'Japan Day' merupakan kegiatan tahunan yang diadakan sejak gedung sekolah tersebut diresmikan oleh Konsulat Jenderal Jepang di Medan pada 6 Desember 2012.   

Perayaan 'Japan Day' tahun ini dengan mengadakan perlombaan di bidang olahraga, agama, dan seni, antar sekolah sejak 9 Februari 2019. 

Puncak acara pada 20 Februari 2019 dan dihadiri oleh Konsul Muda dari Konsulat Jenderal Jepang di Medan, Masamu Yamamori yang turut memberikan sosialisasi Beasiswa Pemerintah Jepang kepada murid MTs dan SMK Citra Abdi Negoro. 

Kepala Sekolah MTs Citra Abdi Negoro, M. Salimi selaku Ketua Panitia menyampaikan bahwa acara bertujuan untuk menjalin silahturahmi antar yayasan dengan Pemerintah Jepang serta untuk memajukan budaya seni dan olahrga di kalangan anak didik. 

Mewakili pengurus Yayasan Citra Abdi Negoro, Amran menyampaikan agar yayasan ke depannya tetap berusaha meningkatkan kualitas anak didik. 

Konsul Muda Masamu Yamamori menyampaikan rasa terima kasihnya kepada pihak sekolah yang telah merawat gedung sekolah dengan baik dan rasa bangganya kepada pihak sekolah karena mampu berprestasi tidak hanya di bidang akademik namun juga di bidang olahraga. 

Acara diisi pula dengan penampilan tarian Kreasi Melayu, tarian Jepang 'Tegami', serta penampilan lagu dari murid peserta Japan Day dan diakhiri dengan pengumuman pemenang lomba dan pembagian hadiah. 

Pemerintah Jepang, melalui Konsulat Jenderal Jepang di Medan, melaksanakan Proyek Bantuan Hibah Grassroots di berbagai bidang dalam wilayah yuridiksi Konsulat Jenderal Jepang di Medan (Provinsi Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, dan Jambi). 

Dengan acara “Japan Day” ini diharapkan minat dari siswa/i Yayasan Pendidikan Citra Abdi Negoro terhadap Jepang meningkat dan juga hubungan persahabatan Jepang dan Indonesia semakin erat. (*/zih)

Share:
Komentar

Berita Terkini