|

Mandalika Lolos Jadi Tuan Rumah Sirkuit MotoGP, Ini Jaminan Polisi-TNI Bagi Wisatawan

Kali Dibaca
Mandalika. Foto: Antara
Mediaapakabar.com Tahun 2021 nanti Indonesia rencananya akan menggelar event MotoGP di sirkuit Mandalika, NTB. Aparat kepolisian bersama TNI menyatakan pihaknya siap menjaga kawasan wisata Mandalika supaya kawasan tersebut aman untuk wisatawan.

"Situasi keamanan di Lombok Tengah ini kondusif untuk rencana pemerintah mengadakan penyelenggaraan MotoGP," ucap Kapolres Lombok Tengah AKBP Budi Santosa, seperti yang dilansir Detikcom, Sabtu (23/2/2019).


Polisi akan berupaya maksimal menjaga ketertiban dan keamanan masyarakat guna mendukung dan mensukseskan penyelenggaraan MotoGP di Mandalika.

Budi menilai tingkat kriminalitas di Lombok Tengah mulai berkurang. Pihaknya juga bersinergi dengan TNI dan Satpol PP dalam hal keamanan.

"Menciptakan situasi keamanan bagi wisatawan, baik mancanegara maupun domestik juga pengelola wisata di kawasan Mandalika," katanya.

Di tempat yang sama, terkait masalah keamanan, Dandim 1620 Lombok Tengah Letkol Czi Prasetyowanto menyatakan akan menempatkan beberapa personil aparat keamanan di titik tempat yang rawan.

"Jadi kita berencana di rute-rute yang sekiranya harus kita kasih pos keamanan nanti kita akan tempatkan di sana," ucap Prasetyo.

Rencananya sirkuit yang akan dibangun di Mandalika mengusung konsep sirkuit jalan raya seperti seri Formula 1 di GP Monako dan GP Singapura. Sirkuit Mandalika akan memiliki panjang 4,32 km dengan 18 tikungan.

Sirkuit Mandalika akan dibangun pada Oktober 2019. Sarana penunjang area paddock akan memiliki 40 garasi untuk kegiatan operasional tim balap.

Sedangkan kapasitas grand stand mencapai 93.200 tempat duduk. Itu belum termasuk 138.700 area tanpa tempat duduk dan hospitality suites, yang mampu menampung 7.700 penonton. (AS)
Komentar

Berita Terkini