|

Hasil Publisher, Indonesia Ke 6 Terindah

Kali Dibaca
Foto:istimewa
Mediaapakabar.com-Indonesia menempati peringkat keenam negara terindah versi publisher ternama Inggris "Rough Guides" yang melakukan jajak pendapat kepada netizen  dari berbagai negara.

Rough Guides berpusat di London, Inggris, menyusun daftar 20 negeri terindah di dunia di bawah Afrika Selatan, Italia, Selandia Baru, Kanada dan Skotlandia di urutan pertama.
Indonesia melampaui negara-negara di Benua Asia lainnya seperti India berada di peringkat ke-13 dan Vietnam di peringkat ke-20. Melalui laman www.roughguides.com, penyedia guidebook berdiri sejak 1982 itu membuat rekomendasi tentang negeri-negeri indah yang patut dikunjungi.

Indonesia dianggap memiliki daya tarik tinggi sebagai negeri yang menyajikan suasana perdesaan, ketenangan pulau-pulau terpencil, hingga puncak gunung yang menjulang. Dari poling pembacanya, Indonesia dianggap menarik karena memiliki 17.508 pulau membentang dari barat ke timur serta memiliki keanekaragaman flora dan fauna luar biasa.

Tidak hanya itu, adat istiadat, kuliner dan lebih dari 500 bahasa daerah juga menjadi daya tarik lain bagi Indonesia. Pesona Bali dan Lombok sebagai daya tarik alam dan budaya menjadi salah satu magnet lain.

Bali dikenal karena kuil-kuilnya dan titik selancar kelas dunia, sedangkan Lombok karena pantai-pantainya yang memesona. Di utara ada Kalimantan yang menawarkan kesempatan untuk melihat satwa liar orang utan di habitat aslinya.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menyambut baik predikat peringat keenam negeri terindah di dunia bagi Indonesia dalam laman "Rough Guides" yang selama ini menjadi salah satu rujukan utama travellers dunia.

"Posisi ini sangat membanggakan bagi Indonesia, kita bisa menunjukkan kepada dunia bahwa tak ada negeri yang kaya dengan beraneka ragam pemandangan alam yang indah dan keragaman budaya yang memesona selain di sini," kata Menpar Arief.

Menpar Arief juga mengatakan posisi Indonesia yang dinobatkan Rough Guides sebagai negeri terindah dunia sudah tentu menguatkan aspek 3C (Confidence, Credibility, Calibration) berbagai destinasi wisata di Indonesia khususnya Pulau Dewata Bali dan Lombok.

“Penghargaan ini semakin mengukuhkan posisi Indonesia sebagai destinasi wisata kelas dunia. Ini juga memberikan optimisme baru bagi sektor pariwisata  tanah air,” tukasnya. (*/dani)
Komentar

Berita Terkini