|

Gubsu Dampingi Menko Ekonomi Tinjau Pembangunan Tol

Kali Dibaca
Gubsu Dampingi Menko Ekonomi Tinjau Pembangunan Tol
Doc: apakabar
Mediaapakabar.com-Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi mendampingi Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian RI Darmin Nasution meninjau proyek pembangunan Jalan Tol Medan – Binjai Seksi I (Helvetia-Tanjung Mulia) Kamis (14/2/2019). 

" Pembebasan Tol Medan-Binjai selama ini mengalami kendala gugatan perdata menggunakan grandsultan palsu. Saya mau dengar dari Kajatisu sudah sejauh mana proses hukumnya. Karena ini persoalan gugat menggugat," ujar Darmin.

Gubsu Edy pada kesempatan itu mengharapkan agar Tol Medan-Binjai pada Seksi I Tanjung Mulia Helvetia segera diselesaikan. 

" Untuk itu, Pak Menteri undang Gubernur, Kapoldasu, Pangdam dan Kajatisu rapat di Jakarta dan juga Kementerian yang terkait seperti menteri ATR (Agraria dan Tata Ruang), BUMN (Badan Usaha Milik Negara), PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat). Jangan sampai kalah negara dengan penggugat," ujar Edy.

Jalan Tol Medan-Binjai terdiri dari tiga seksi. Seksi I (Tanjung Mulia – Helvetia) sepanjang 6,071 Km, Seksi II (Helvetia – Sei Semayang) sepanjang 9,051 Km dan Seksi III (Sei Semayang-Binjai) sepanjang 10,319 Km. 

Untuk Seksi II dan III sudah selesai 100%  dan mulai beroperasi akhir 2018.  Sedangkan untuk Seksi I, hingga kini belum rampung sekitar 700 meter. Karena masih terkendala pembebasan lahan.  Ditargetkan seluruhnya rampung pada Desember 2019.

Ke Inalum dan Kuala Tanjung

Gubsu Dampingi Menko Ekonomi Tinjau Pembangunan Tol
Doc: apakabar
Dibagian lain, Menko Perekonomian bersama Gubsu Edy juga meninjau pabrik peleburan aluminium PT Inalum dan Pelabuhan Kuala Tanjung Kabupaten Batubara. Dalam kunjungan tersebut  peningkatan produksi dan layanan terus didorong.

Menko Perekonomian mengharapkan PT Inalum yang kini telah menjadi BUMN dapat terus berkembang dan meningkatkan produksi aluminium. 

Pada kunjungan tersebut, Darmin rombongan melihat proses pengolahan aluminium menjadi berbagai produk bahan baku untuk dijadikan berbagai kebutuhan. Termasuk hasil produksi hilir, dimana proses reduksi menggunakan alumina, karbon dan listrik sebagai material utama.

Darmin bersama Gubsu Edy Rahmayadi, jajaran Kemenko Perekonomian, Direksi PT Inalum dan PT Pelindo 1 juga meninjau operasional pelabuhan Kuala Tanjung. 

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi menyebutkan bahwa Inalum, Pelabuhan Kualatanjung dan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sei Mangkei merupakan potensi pengembangan industri dan perekonomian.   \

Hadir diantaranya Direktur Utama PT Inalum Budi G Sadikin beserta jajaran dan Jajaran PT Pelindo 1, Bupati Batubara Zahir, Kadis Bina Marga dan Bina Konstruksi Abdul Haris Lubis, Kepala BPBD Sumut Riadil Akhir, Kepala Bappeda Irman dan Staf Ahli Gubernur Elisa Marbun. (*/joel)



Komentar

Berita Terkini