DKSU Potensi Semarakkan Pariwisata Sumut

Media Apakabar.com
Rabu, 27 Februari 2019 - 18:43
kali dibaca
DKSU Potensi Semarakkan Pariwisata Sumut
Gubernur Sumatera Utara  Edy Rahmayadi menerima kunjungan Dewan Kesenian Sumatera Utara (DKSU) di ruang kerjanya Lantai 10 Kantor Gubernur Jalan Pangeran Diponegoro Medan, Rabu (27/2/2019)



Mediaapakabar.com-Gubernur Sumatera Utara mengapresiasi serta mendukung penuh Festival Seni dan Kebudayaan Sumut yang dilaksanakan Dewan Kesenian Sumatera Utara (DKSU) pada 19-24 Maret mendatang. Menurutnya, kegiatan seperti festival tersebut berpotensi semarakkan pariwisata Sumut.

“ Bagus ini, festival ini kan merupakan salah satu metode sosialisasi seni dan budaya. Sehingga lebih banyak masyarakat yang kenal dengan keberagaman seni dan budaya kita di Sumut ini, dengan begitu menarik minat orang untuk berwisata ke sini,” kata Edy Rahmayadi saat menerima kunjungan Ketua DKSU Baharuddin Saputra beserta rombongan di ruang kerjanya lantai 10, Kantor Gubsu Jalan Diponegoro Nomor 30 Medan Rabu (27/2/2019).

Pariwisata sebagai salah satu sektor yang juga diprioritaskan oleh Pemprov Sumut, kata Edy, membutuhkan strategi dan rencana untuk menarik minat wisatawan berkunjung ke Sumut. “ Festival ini salah satu contohnya, semakin banyak event-event seperti ini, apalagi tersebar di media, akan memberi kesan positif tentang Sumut." 

Saat ini, kata Gubernur, Pemprov sedang berusaha untuk meningkatkan kunjungan wisatawan dari 230.000 hingga 500.000 pengunjung. Karena itu disayangkan, jika masih ada kesan-kesan negatif yang ditampilkan tentang Sumut di media, seperti demo, kriminal, dan lainnya. “ Hal-hal seperti ini kan tentu mengurangi minat orang untuk datang dan berinvestasi, nah kita butuh kegiatan seperti ini yang menyejukkan." 

Edy Rahmayadikemudian berpesan agar kegiatan tersebut direncanakan dengan baik dan detail. Seluruh kesenian dan kebudayaan dari delapan etnis harus tergambar pada festival nantinya. “Hubungan kita dengan seni dan budaya kental sejak dulu, tolong hidupkan dan kembalikan lagi itu." 

Sebelumnya, Ketua DKSU Baharuddin Saputra menyampaikan terima kasih kepada Gubernur Edy yang telah menerima dirinya dan rombongan. Baharuddin menjelaskan bahwa DKSU berencana untuk menyelenggarakan Festival Seni Budaya Sumut pada tanggal 19-24 Maret 2019 di Taman Budaya Sumut.  

Baharuddin juga menjelaskan bahwa Festival Seni Budaya ini merupakan festival perdana dan merupakan gebrakan dari kepengurusan DKSU periode 2017-2022 untuk tahun 2019. Seluruh kabupaten/kota akan diinformasikan untuk turut memeriahkan festival. (*/joel)


Share:
Komentar

Berita Terkini