Caleg Gagal Bisa Stres Beresiko Kena Serangan Jantung

Admin
Jumat, 15 Februari 2019 - 08:52
kali dibaca
Ilustrasi
Mediaapakabar.com - Calon legislatif (caleg) gagal rentan sekali mengalami stres karena tekanan kampanye yang cukup besar, salah satunya dalam hal keuangan. Bahkan ada seorang caleg yang bunuh diri karena masalah itu.


Karena stres, caleg juga berisiko untuk terkena kelainan jantung. Apalagi orang yang sudah memilikinya bisa berisiko terkena serangan jantung. Tapi, kalau caleg juga memiliki beberapa faktor risiko selain stres, kemungkinan kelainan jantung mengintai pun akan semakin besar.

"Apalagi punya faktor risiko, dia punya faktor yang mempermudah terjadinya kelainan jantung koroner, misalnya merokok, darah tinggi, kencing manis, kegemukan, kolesterol, dan stres tadi," ujar dokter spesialis jantung dan pembuluh darah, Dr dr Muhammad Yamin, SpJP(K), FACC, FSCAI  saat ditemui di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, seperti yang dikutip DetikHealth Kamis (14/2/2019).

Meskipun faktor risiko setiap orang berbeda-beda, namun jika memiliki lebih dari satu faktor risiko akan mempermudah risiko kelainan jantung meningkat.

"Satu faktor saja jarang, yang mempermudah kalau lebih dari satu faktor, sudah stres dia merokok juga," tambah dr Yamin.

dr Yamin menjelaskan bahwa saat mengalami stres, hormon adrenalin di tubuh akan meningkat sehingga mengaktifkan saraf simpatis yang dapat menyebabkan terjadinya penyempitan nadi. Maka terjadilah serangan jantung.  (AS)
Share:
Komentar

Berita Terkini