|

Tingkatkan Akreditasi Jadi A, Larispa Gelar Up Greading

Kali Dibaca
Prof. Dian Armato ketua LLDIKTI 1 pada saat memberikan materi. (abi)
Mediaapakabar.com-Lembaga Riset Publik (Larispa) Indonesia melaksanakan Up Greading bagi anggota untuk terampil dalam implementasi standar nasional pendidikan menuju perguruan tinggi (PT) unggul (akreditasi A)

Ketua Larispa Indonesia, M.Rizal Hasibuan mengatakan, menyahuti standar nasional pendidikan tinggi atau SN-DIKTI yang sebelumnya 12 standar menjadi 24 standar. Dan akreditasi berubah dari 7 menjadi 9 kreteria program studi dan Akreditasi Institusi (AIPT) di Indonesia.

"Larispa sudah melakukan dua kegiatan salah satunya  workshop yang bekerjasama dengan ADA (Asosiasi Dosen Akuntansi) Indonesia, dihadiri langsung oleh Ketua LLDIKTI Wilayah 1, Prof. Dian Armato sebagai Narasumber Utama (key Note speker) dimana beliau sangat mengaprisiasi kegiatan tersebut," katanya kepada wartawan mediaapakabar di Medan pada Rabu (30/1/2019). 

Rizal menuturkan, Prof Dian Armanto mendukung inisiasi Larispa memfasilitasi workshop bagi peningkatan kualiatas penjaminan mutu di perguruan tinggi dan mengucapakan terimakasih atas sinergi dengan ADA dalam berbagai pelatihan dan pendampingan pada perguruan tinggi tidak hanya di lingkungan LLDIKTI Wilayah I tapi berdampak pada peningkatan kualiatas pendidikan di indonesia.

Rizal mengatakan, Larispa kembali melakukan pemantapan training kepada anggota komunitas untuk memahami 9 Kreteria Akreditasi   yang diberlakukan BANPT pada tahun 2019

"Jadi diharapkan dengan adanya pelatihan ini, anggota komuntas Laripsa mampu dalam mengimplementasikan standar mutu pendidikan tinggi (SN-DIKTI) dan pada akhirnya akan mengangkat nilai/ grate akreditasi sebelumnya dari cukup, menjadi baik sekali kemudian menjadi unggul," ungkapnya.

Bahkan untuk tahun ini Larispa sudah melampui target. Dari 26 yang direncanakan dikonsultasikan ke 30 PT dan pada tahun ini di targetkan ada 36 yang dibantu PT di wilayah RI.

"Tahun ini ditargetkan  akan mengkonsultasi kampus dari Jayapura dan Kalimatan dengan  diperluasnya kantor perwakilan kita masuk ke seluruh wilayah di Kalimantan dan Alhamdulilah dari akhir tahun 2018 sudah ada mitra kerja di Banjarmasin dengan tujuan setidaknya ada peningkatan PT di kalimantan," ujarnya,

Larispa berpusat di Medan saat ini memiliki 9 perwakilan yaitu Jakarta, Aceh, Pekanbatu, Jambi, Padang, Nias, Makassar, Kalimantan dan Papua.(abi)

Komentar

Berita Terkini