|

Resmikan Gedung Sekolah Baru, Konsulat Jepang Selenggarakan ' Japan Day '

Kali Dibaca
Konsulat Jepang di Medan kembali menyelenggarakan 'Japan Day ' yang dilaksanakan di Kabupaten Langkat, Kecamatan Kuala pada Rabu (30/1/2019).
Mediaapakabar.com-Konsulat Jepang di Medan kembali menyelenggarakan 'Japan Day ' yang dilaksanakan di Kabupaten Langkat, Kecamatan Kuala pada Rabu (30/1/2019).

Acara itu diselenggarakan dalam rangka peresmian MTs Al-Uswah yang dibangun dengan bantuan hibah Grassroots pemerintah Jepang yang berjumlah Rp 917.895.374 direalisasikan di tahun anggaran 2015.

Acara Japan Day sendiri merupakan kegiatan rutin tahunan yang diadakan sejak gedung sekolah tersebut diresmikan oleh Konsulat Jendral Jepang di Medan pada 12 Oktober 2016. Perayaan Japan Day yang kedua kalinya ini diisi dengan penampilan kesenian berupa tarian dari beberapa daerah di Indonesia dan penampilan lagu Jepang dari para murid sekolah.

Ketua Yayasan Al-Uswah, Muslim Maksum menyampaikan ucapan syukur atas bantuan gedung sekolah dari Pemerintah Jepang dan ke depan ia berharap mendapat bantuan kembali apabila diizinkan.

Kepala Tata Usaha Kementrian Agama Kabupaten Langkat, Sukri mengungkap adanya peningkatan jumlah murid sejak bantuan diberikan dan merekomendasikan Yayasan Al-Uswah untuk menerima bantuan serupa.

Acara juga dihadiri Konsul Muda dari Konsulat Jendral Jepang di Medan, Masamu Yamamori yang menyampaikan rasa terima kasihnya kepada pihak sekolah yang telah merawat gedung dengan baik.

Ia juga turut memberi sosialisasi beasiswa dari pemerintah Jepang. Para siswa terlihat antusias selama berlangsungnya acara. Gedung sekolah yang didirikan dengan bantuan hibah Grassroots dari Pemerintah Jepang merupakan bangunan yang terdiri dari dua lantai dan memiliki enam ruang kelas.

Masing-masing ruang kelas memiliki kapasitas 32 orang. Saat ini sekolah memiliki jumlah murid sekitar 210 anak. MTs Al-Uswah menetapkan biaya sekolah yang cukup terjangkau. Dan bagi anak-anak dari keluarga yang kurang mampu diberikan keringanan berupa pengurangan biaya sekolah.

Pemerintah Jepang, melalui Konsulat Jenderal Jepang di Medan, melaksanakan Proyek Bantuan Hibah Grassroots di berbagai bidang dalam wilayah yuridiksi Konsulat Jenderal Jepang di Medan (Provinsi Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, dan Jambi). Dengan acara “Japan Day” ini diharapkan minat dari siswa/i MTs Al-Uswah terhadap Jepang meningkat dan juga hubungan persahabatan Jepang dan Indonesia semakin erat. (rel)
Komentar

Berita Terkini