Proper Dan Adiwiyata Diberi Gubsu Penghargaan

Media Apakabar.com
Senin, 28 Januari 2019 - 22:46
kali dibaca
Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) menyerahkan penghargaan program penilaian peningkatan kinerja perusahaan (Proper) ,di aula Raja Inal Siregar kantor Gubsu Jalan Pangeran Diponegoro Nomor 30 Medan,  Senin (28/1/2019).Doc:apakabar/joel
Mediaapakabar.com-Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) menyerahkan penghargaan program penilaian peningkatan kinerja perusahaan (Proper) serta penghargaan sekolah peduli dan berbudaya lingkungan hidup (Adiwiyata)  tingkat Provinsi  2018 di aula Raja Inal Siregar kantor Gubsu Jalan Pangeran Diponegoro Nomor 30 Medan,  Senin (28/1/2019).

Penghargaan diserahkan kepada 104 perusahaan dan 64 sekolah kabupaten/kota di Sumut. “Atas nama Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) saya mengucapkan selamat kepada seluruh penerima penghargaan program penilaian peringkatan kinerja perusahaan (Proper) dalam pengelolaan lingkungan hidup dan para kepala sekolah peduli dan berbudaya lingkungan hidup (Adiwiyata) tingkat Sumut. Semoga ke depan dapat lebih baik lagi,” ujar Gubsu, usai penyerahan penghargaan secara simbolis kepada perwakilan penerima penghargaan.

Gubsu mengatakan, penilaian peringkat kinerja perusahaan serta sekolah peduli dan berbudaya lingkungan hidup oleh Pemprovsu melalui Dinas Lingkungan Hidup bertujuan agar dunia usaha dan pendidikan lingkungan  saling bersinergi mewujudkan Provinsi Sumatera Utara yang lestari dan berwawasan lingkungan.

Pada kesempatan itu, Gubsu juga menghimbau sekaligus mengharapkan agar dunia usaha menjadi mitra Pemprovsu dalam mendukung dan berpartisipasi aktif dalam proses pembangunan di Sumut. Diantaranya melalui corporate social responsibility (CSR) dan pembangunan masyarakat (Community Development).

Ada beberapa program pembangunan di Sumut yang membutuhkan dukungan penuh dari dunia usaha. Diantaranya, perwujudan pembangunan karakter generasi muda berwawasan lingkungan hidup melalui pendidikan lingkungan hidup di sekolah. Revitalisasi dan pembangunan sungai, khususnya bantaran sungai dengan pilot project Sungai Deli agar menjadi kawasan hijau bahkan dapat menjadi areal taman bermain.

Kemudian, pengadaan sarana dan prasarana persampahan berupa tong sampah, becak sampah, truk sampah dan alat-alat kebersihan yang dihibahkan kepada daerah kabupaten/kota. Konservasi lingkungan hidup atau penghijauan khususnya pada lahan kritis, lahan terbuka dan daerah kawasan Danau Toba. Serta membantu pemerintah kabupaten/kota dalam mewujudkan perkotaan berwawasan lingkungan hidup dengan dukungan pembangunan ruang terbuka publik ramah anak, penghijauan kota dan pengadaan sarana dan prasarana kebersihan.

Kepada Dinas Pendidikan Sumut dan kabupaten/kota, Edy juga meminta agar mengintegrasikan program pembentukan karakter masyarakat (character building) yang peduli dan berbudaya lingkungan hidup ke dalam kurikulum sekolah atau muatan lokal.

Sementara Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provsu  Binsar Situmorang mengatakan, pemberian penghargaan program penilaian peringkatan kinerja perusahaan serta penghargaan sekolah peduli dan berbudaya lingkungan hidup tersebut merupakan bagian dari upaya mewujudkan visi Provinsi Sumut, yaitu mewujudkan Sumatera  Utara yang maju, aman dan bermartabat. (joel)
Share:
Komentar

Berita Terkini