|

Komisioner KPU Sumut Lantik Relasi Pemilu

Kali Dibaca
Pelantikan 55 Relawan Demokrasi (Relasi). (will)
Mediaapakabar.com-Komisioner KPU Sumatera utara Herdensi Adnin mengukuhkan 55 relawan (Relasi)Serdang bedagai(Sergai). 

Berdasar surat keputusan(SK)KPU RI Nomor 32/PP.08-SD/06/KPU/I/2019 di Aula Pantai Wong Rame, Desa Kota Pari, Kecamatan Pantai Cermin, Kabupaten Sergai pada Jumat(25/1/2019)

Hadir,Komisioner KPU Sumut Herdensi Adnin, Komisioner KPU Sergai,Erdian Wirajaya, Misriani, Fuad Hasan Lubis, Ardiansyah Hasibuan, Bayu Aprianto beserta Sekretaris Dharma Eka Subakti serta para sfaf KPU Sergai 

Komisioner KPU Sumut Herdensi Adnin mengatakan, tujuan dibentuknya Relasi Demokrasi (Relasi) ini untuk membantu tugas-tugas KPU Sergai dalam melaksanakan pemilu 17 April mendatang. 

" Relawan Demokrasi (Relasi) Sergai teruslah bekerja untuk menyakin publik dengan mensosialisasikan kepada masyarakat bahwa pemilu 17 April nanti adalah hari pencoblosan," katanya. 

Menurut Herdensi, pada pemilu 2019 ini berbeda dengan pemilu 2014, karena dalam pemilihan kali ini ada 5 kali pencoblosan yang dilakukan oleh masyarakat seperti DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/Kota, DPD, Presiden dan Wakli Presiden. 

Untuk itu Relawan Demokrasi (Relasi) terus melakukan sosialisasi dan meningkatkan partisipasi pemilih dengan mengajak masyarakat untuk datang ke TPS saat pencoblosan, kata Herdensi.

Herdensi menjelaskan, tingkat partisipasi pemilih masyarakat pada pemilu 1999 mencapai 82%, sangatlah tinggi, kemudian dari tahun ke tahun mengalami penurunan hingga 73% -71%. 

" Tentu dengan adanya penurunan itu. Ada persoalan yang dihadapi pada pemilu di Indonesia, seperti kurangnya partisipasi pemilih untuk datang mencoblos," ujarnya. 

Karena tingkat partisipasi pemilih adalah indikator penting untuk mendukung suksesnya atau tidak suksesnya suatu pemilih. 

Sementara komisioner KPU Sergai Erdian Wirajaya, menyampaikan, sebelum dikukuhkan oleh KPU Sergai, para Relawan Demokrasi (Relasi) terlebih dahulu melakukan beberapa tahapan seperti seleksi perlengkapan administrasi dan wawancara kepada para peserta. 

Setelah pengukuhan, selanjutnya para Relawan Demokrasi (Relasi) mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) selama 2 hari 25-26 Januari 2019.

Untuk memperkuat pemahaman dan pengetahuan kepada peserta selaku Relawan Demokrasi yang terdiri dari 5 orang terbagi dalam 11 basis. 

Tentang hal-hal yang berkaitan dengan teknis penyelenggara pemilu 2019. Kegiatan ini adalah sebagai pembekalan bagi peserta untuk melaksanakan sosialisasi dan pendidikan pemilih kepada masyarakat guna peningkatan partisipasi masyarakat dalam penyelenggara pemilu.(willy)          
Komentar

Berita Terkini