Dua Rumah Sakit Swasta di Kabanjahe dan Tebingtinggi Diputus Kerjasama dengan BPJS Kesehatan

Admin
Rabu, 09 Januari 2019 - 08:40
kali dibaca
Pelayanan BPJS Kesehatan. Foto: Pojoksumut.com
Mediaapakabar.com - Terhitung sejak Januari 2019, dua rumah sakit yang ada di Sumatera Utara (Sumut) sudah tidak bekerjasama lagi BPJS Kesehatan atau putus kerjasama.

Seperti diketahui terhitung mulai Januari ada puluhan rumah sakit swasta di berbagai daerah yang memutuskan kerjasama dengan BPJS Kesehatan.

Rumah sakit tersebut yakni Ada Rumah Sakit Ester yang berada di Kabanjahe dan Rumah Sakit Herna yang berada di Tebingtinggi.

Dikatakan Asisten Deputi Bidang SDM, Umum dan Komunikasi Publik, Wahyu Kris Budianto seperti tahun sebelumnya kerjasama dengan pihak rumah sakit berjalan dengan baik.

“Ada dua rumah sakit yang sudah tidak bekerjasama lagi dengan BPJS Kesehatan sejak Januari 2019 Rumah Sakit Ester di Kabanjahe dan Rumah Sakit Herna,” katanya melalui pesan tertulis tanpa memberitahukan kejelasan apa sebab putusnya kerjasama tersebut, seperti yang dilansir Pojoksumut.com, Selasa (8/1/2019).

Begitupun, Wahyu menuturkan penyediaan layanan kesehatan primer, sampai dengan 4 Januari 2019 untuk di Provinsi Aceh, BPJS Kesehatan telah bermitra dengan 608 Fasilitas Kesehatan Tingkat Primer (FKTP) se-Aceh yang terdiri atas 346 Puskesmas, 179 Klinik Pratama, 80 Dokter Praktik Perorangan (DPP) dan 3 Praktik Dokter Gigi.

“Sedangkan untuk Provinsi Sumatera Utara, BPJS Kesehatan juga telah bermitra dengan 1.257 Fasilitas Kesehatan Tingkat Primer (FKTP) dengan rincian 579 Puskesmas, 528 Klinik Pratama,1 RS D Pratama, 138 Dokter Praktik Perorangan (DPP) dan 11 Praktik Dokter Gigi,” terangnya.

Sementara itu, dalam hal penyediaan layanan kesehatan tingkat rujukan, hingga 04 Januari 2019, untuk di Provinsi Aceh, BPJS Kesehatan telah bermitra dengan 101 Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) se-Aceh yang terdiri atas 63 Rumah Sakit, 7 Klinik Utama, dan 31 Optik.

“Sedangkan untuk Provinsi Sumatera Utara, BPJS Kesehatan juga telah bermitra dengan 191 Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) dengan rincian 140 Rumah Sakit, 4 Klinik Utama dan 47 Optik,” pungkasnya. (AS)
Share:
Komentar

Berita Terkini