|

Dinilai Pencitraan Saat Cukur Rambut, TKN Jokowi: Blusukan Gaya Seperti Itu Bukan Sandiwara

Kali Dibaca
Jokowi saat potong rambut di Garu. Foto; Detikcom
Mediaapakabar.com - Aksi Presiden Joko Widodo (Jokowi) cukur rambut di Garut ramai dibahas dan juga disindir oleh kubu Prabowo Subianto. Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi membantah aksi capres nomor urut 01 itu pencitraan dan sandiwara. 

Juru Bicara TKN Jokowi, Ace Hasan Syadzily, mengatakan langkah Jokowi potong rambut dengan menggunakan jasa orang Garut adalah untuk mengangkat profil tukang cukur Garut ke level terhormat. Dengan demikian, tukang cukur Garut jadi pembahasan di tingkat nasional. 

"Ini saya kira konsisten dengan apa yang dilakukan Pak Jokowi selama ini. Misalnya soal bagaimana beliau memakai produk motor custom karya anak negeri, itu bagian mengangkat industri kreatif kita, termasuk soal jasa tukang cukur kreatif," kata Ace kepada wartawan, seperti yang dilansir Detikcom, Senin (21/1/2019).


Aksi Jokowi mengikuti cukur rambut massal di Garut adalah bentuk mengangkat profesi tukang cukur supaya bisa dikenal lebih luas. Ace menepis anggapan Jokowi pencitraan dan sandiwara. 

"Jadi jangan dianggap yang dilakukan Pak Jokowi itu pencitraan, justru blusukan dengan gaya seperti itu bukan bersandiwara, tapi justru memiliki impact terhadap profesi, salah satunya adalah tukang cukur itu," ungkapnya. 

Ace juga mengomentari aksi Jokowi memborong 100 ribu botol sabun cuci piring di Garut. Total uang yang harus dibayarkan Jokowi saat itu sebesar Rp 2 miliar.
"Termasuk juga soal industri sabun cuci piring. Beliau begitu untuk mengangkat industri rumahan seperti itu juga kualitasnya baik dan bisa digunakan. Itu bagian untuk memasarkan produk indusri rumahan itu," ujar Ace. 

"Ini bentuk konkret Jokowi, langsung beri solusi, tanpa menggunakan bahasa verbal pun sesungguhnya apa yang dilakukan Pak Jokowi itu bisa menjadi pembicaraan publik, lalu dengan demikian diikuti," sambungnya. 
Sebelumnya diberitakan, Koordinator Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga, Dahnil Anzar Simanjuntak menyindir aksi Jokowi pada Sabtu (19/1/2019) di Danau Situbagendit, Garut, Jawa Barat. Jokowi berpartisipasi di acara cukur massal. 
"Cukur rambut di Garut, bawa tukang cukur dari Jakarta. Bangun Pabrik di Sulawesi, bawa Buruhnya dari Luar Negeri," tulis Dahnil di Twitter. (AS)
Komentar

Berita Terkini