Pimpin Apel Pasukan, Kapolda Sumut Irjen Agus Andrianto Gelar Operasi Lilin Toba 2019

| Sabtu, 22 Desember 2018 | 16.10 WIB
Kali Dibaca

Bagikan:
Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Agus Andrianto saat menginspeksi pasukan gabungan di Mapolda Sumatera Utara, Jumat (21/12/2018). Foto: Humas Polda Sumut
Mediaapakabar.com - Jelang libur Natal dan Tahun Baru 2019, Polda Sumatera Utara (Sumut) memulai Operasi Lilin Toba, Jumat (21/12/2018). Sebanyak 7.750 personel disiagakan untuk bertugas mengamankan perayaan Natal dan momen pergantian tahun.

Dalam rangka menggelar operasi lilin, pihak kepolisian menggelar apel pasukan yang dipimpin langsung oleh Kapolda Sumut, Irjen Pol Agus Andrianto, di lapangan KS Tubuan Mapolda Sumut.

Operasi lilin ini berlangsung sejak 21 Desember 2018 - 1 Januari 2019. Kapolda Agus mengatakan, sebanyak 7.750 personel diturunkan.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 603 dari satuan tugas Polda, dan 7.147 merupakan personel dari satuan wilayah.

“Apel ini dilaksanakan sebagai pengecekan akhir kesiapan kita dalam melaksanakan operasi pengamanan Perayaan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019, baik pada aspek personel, sarana prasarana pendukungnya, serta keterpaduan unsur Lintas Sektoral dalam Pengamanan guna mewujudkan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif," kata  Kapolda saat membacakan amanah Kapolri.

Perayaan Natal dan Perayaan Pergantian tahun yang bersamaan dengan Libur sekolah merupakan saat yang dinantikan oleh masyarakat di seluruh penjuru dunia, dengan penuh kebahagiaan dan sukacita, yang diharapkan dapat terselenggara dengan nyaman, aman, lancar dan menjadi tugas kita sebagai aparat keamanan untuk memenuhinya. 

Sebelum Gelar Pasukan Operasi Lilin Toba-2018 ini dilaksanakan, Polri didukung oleh TNI serta Stake Holder lainnya dalam hal ini Kemenhub, Kemenpupera, Kemenkes, Pertamina dan Jasa Marga telah melaksanakan rapat koordinasi untuk menjamin kelancaran arus mudik dan arus balik. 

Sedangkan untuk menjamin ketersediaan dan stabilitas harga pangan pokok Polri bersama dengan Kementan, Kemendag, Kemenperin, Badan Pom, KPPU dan Perum Bulog telah melaksanakan langkah-langkah preventif secara sinergis guna mencegah terjadinya permasalahan dalam pemenuhan kebutuhan bahan pokok. 

"Upaya tersebut akan terus dilakukan sepanjang pelaksanaan Operasi Lilin 2018 berlangsung," katanya.

Hal ini dilakukan untuk memastikan ketersedian dan stabilitas harga bahan pokok di di masyarakat terjamin. (Agung)
Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI