|

Pilih Jurusan Ini Saat Kuliah Dijamin Bisa Cepat Dapat Kerja dan Gaji Besar

Kali Dibaca
Ilustrasi
Mediaapakabar.com - Ada banyak jurusan kuliah yang menawarkan prospek menjanjikan dengan peluang kerja besar dan gaji yang tinggi. Tapi tanpa disadari kebanyakan orang berpikir jurusan kuliah tersebut hanya ada pada bidang favorit saja, seperti kedokteran, dan lainnya yang identik dengan biaya mahal.

Tapi, tahukah bahwa ada beberapa jurusan kuliah yang tak kalah menjanjikan prospeknya untuk masa depan cerah. Mau tahu jurusan kuliah apa saja yang memiliki potensi cepat dapat kerja dan gaji tinggi? Simak ulasan berikut ini seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Teknik Perkapalan

Sudah pernah dengar jurusan ini? Mengingat Indonesia terdiri dari wilayah kepulauan, maka alat transportasi seperti kapal pasti dibutuhkan untuk menunjang mobilitas. Sama seperti pesawat terbang, mesin dari kapal juga perlu diperiksa setiap kali ingin berlabuh agar penumpang sampai dengan selamat ke tempat tujuan.

Dan orang yang ahli mengurus kapal adalah jurusan teknik perkapalan. Selain mempelajari kapal dan mesin-mesinnya, jurusan teknik perkapalan juga akan mempelajari ilmu manajeman pelabuhan dan perencanaan operasi kapal.

2. Teknik Biomedis
Meskipun jurusan ini tidak sepopuler jurusan kedokteran, tetapi teknik biomedis juga patut diperhitungkan jika ingin mendapatkan karier cemerlang di masa mendatang.

Jurusan ini menggabungkan ilmu kedokteran dan teknologi untuk rekayasa aplikatif yang berhubungan dengan ilmu biologi, seperti alat-alat medis. Jurusan biomedis paling maju bisa dipelajari di Universitas Oxford, sedangkan di Indonesia ada di Universitas Indonesia.

3. Teknik Informatika

Kecanggihan teknologi saat ini tak lepas dari pengaruh orang-orang yang ahli di bidang teknik informatika, khususnya komputerisasi. Selain mahir memainkan komputer, sarjana jurusan ini juga mahir dalam pembuatan software karena mereka telah dibekali ilmu pemrograman yang baik di bangku kuliah dulu.

Seiring berjalannya waktu, peluang kerja di bidang informatika semakin terbuka lebar apalagi sejak dunia kerja didominasi oleh penggunaan komputer saat bekerja.

4. Aktuaria

Suka matematika, tapi tak ingin kuliah di jurusan MIPA? Jurusan aktuaria bisa dipertimbangkan. Jurusan ini menggabungkan ilmu matematika, keuangan, statistika, dan pemrograman komputer secara terpadu karena semuanya memiliki korelasi satu dengan yang lain.

Lulusan aktuaria akan menjadi seorang aktuaris yang bertugas untuk mengelola risiko keuangan pada masa mendatang. Berhubung karena pekerjaannya membutuhkan ketelitian ekstra, seorang aktuaris menjadi salah satu pekerjaan bergaji tinggi di luar negeri.

5. Desain Komunikasi Visual

Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) cocok bagi yang ingin menjadi seorang ilustrator ataupun komikus. Selama mengikuti perkuliahan, akan diajarkan bagaimana cara mengemas bahasa visual secara efektif dan menarik di mata konsumen. Sehingga karya Anda pantas dipamerkan di pergelaran seni.

Jumlah peminat jurusan DKV diperkirakan akan meningkat pada tahun depan yang diikuti dengan meningkatnya tawaran kerja di bidang ini.

6. Psikologi

Jurusan psikologi membahas mengenai perilaku manusia yang masih ada kaitannya dengan masalah kejiwaan seseorang. Sarjana psikolog ini dapat bekerja sebagai seorang terapis, psikolog, ataupun konsultan di perusahaan besar.

Tertarik membuka kantor konsultan pribadi? Bisa kok, asalkan maumenimba pendidikan lanjutan agar lebih diakui di masyarakat.

7. Matematika

Selain sebagai guru dan dosen, sarjana MIPA juga dapat berprofesi sebagai seorang akuntan di perusahaan tertentu. Jurusan ini tidak bisa disepelekan begitu saja karena lebih mengandalkan kinerja otak untuk memahami kajian ilmu di dalamnya.

Meskipun sulit, kerja keras akan terbayarkan ketika lulus nanti karena sarjana MIPA akan tetap dibutuhkan sampai kapan pun. Tidak hanya pada perguruan tinggi, tetapi juga pada pendidikan yang levelnya lebih rendah.

8. Akuntansi

Jika dibandingkan dengan jurusan lain, jurusan akuntansi cukup membosankan, tetapi memiliki prospek yang cukup menjanjikan di masa mendatang. Prospek kerjanya bukan hanya menjadi seorang akuntan, tetapi juga dosen, guru, auditor, pegawai pajak, dan masih banyak lagi.

Jika menginginkan jurusan yang memiliki sektor pekerjaan yang beragam, maka jurusan akuntansi adalah jawabannya.

Pendidikan Menentukan Nasib Seseorang di Dunia Kerja

Sukses tidaknya seseorang dalam berkarier tidak lepas dari bangku pendidikan yang telah diembannya selama bertahun-tahun. Jadi, jangan menyepelekan jurusan yang akan sudah pilih ketika memasuki perguruan tinggi.

Pilihlah jurusan yang benar-benar sesuai dengan kemampuan dan pastikan diri menyukai jurusan tersebut agar dapat menikmati proses belajarnya dengan baik tanpa harus bersungut-sungut. (AS)
Komentar

Berita Terkini