Kapal Patroli Bakamla RI Tiba Di Selat Sunda

Media Apakabar.com
Rabu, 26 Desember 2018 - 13:35
kali dibaca
foto: Ist 
Mediaapakabar.com-KN Belut Laut-4806 salah satu kapal patroli Bakamla RI tiba di perairan Selat Sunda untuk membantu pencarian dan pertolongan Search and Rescue (SAR) di Provinsi Banten dan Lampung pada Minggu (23/12/2018).

Kepala Bakamla RI Laksamana Madya Bakamla A. Taufiq R. yang sedang melakukan kunjungan bilateral di Vietnam memerintahkan Direktur Operasi Laut Laksamana Pertama Bakamla Nursyawal Embun agar mengerahkan kapal patroli dan membentuk Tim Satuan Tugas khusus guna membantu proses pencarian dan pertolongan terhadap korban bencana gelombang tsunami di wilayah Banten dan Lampung.

Selain mengerahkan satu kapal patroli, Bakamla RI juga mengerahkan satuan tugas khusus yang terdiri dari dua Tim Unit Reaksi Cepat Laut (URCL) beranggotakan 14 personel yang memiliki kualifikasi penyelam, SAR permukaan dan bawah air.

Tim URCL diperkuat dengan dua unit kendaraan air cepat Rigid Hull Inflatable Boat (RHIB), delapan set alat selam, serta sarana dan prasarana pendukung SAR lainnya. Tim Satgas Khusus ini dipimpin oleh Komandan URCL Letkol Bakamla Puadi Hasani.

Sekitar satu jam Tim URCL melakukan perjalanan lintas laut menyusuri pesisir Utara Laut Jawa. Tim tersebut memang sempat menghadapi hambatan akibat cuaca di laut saat itu kurang bagus. 

“ Gelombang air laut di pesisir Utara Laut Jawa sekitar Tanjung Pasir saat itu cukup tinggi dengan ombak dua meter, ditambah kecepatan angin yang mencapai 20 knot", kata Komandan Tim URCL (**) 


Share:
Komentar

Berita Terkini