Alat Pendeteksi Seismik PVMBG Diduga Hancur di Pulau Gunung Anak Krakatau

Admin
Selasa, 25 Desember 2018 - 08:57
kali dibaca
Erupsi Gunung Anak Krakatau, Selat Sunda, 22 Desember 2018. Instagram.com
Mediaapakabar.com - Kepala Subbidang Mitigasi Gunung Api Wilayah Timur, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Devy K. Syahbana, mengatakan alat seismik yang disimpan PVMBG di Pulau Gunung Anak Krakatau mati pada Sabtu, 22 Desember 2018, pukul 21.03 WIB, atau menjelang terjangan tsunami Selat Sunda.

“Diduga alat itu juga ikut hancur saat terjadi letusan, yang terjadi diperkirakan bersamaan dengan longsornya tubuh gunung api di sektor selatan,” ujar Devy, Senin, 24 Desember 2018.

Sementara waktu tempuh gelombang tsunami yang dihasilkan juga pas dengan laporan kejadian tsunami di Pantai Anyer pukul 21.27 WIB. “Travel time (gelombang tsunami) sekitar itu,” kata dia.

Menurut Devy, tim PVMBG di lapangan saat ini kesulitan mendeteksi dampak letusan Gunung Anak Krakatau yang telah berubah dari tipe strombolian menjadi tipe surtseyan.

“Perubahan tipe letusan ini sedang dievaluasi teman-teman di lapangan, apakah berpotensi lagi terjadi longsoran misalkan. Kalau terjadi longsoran lagi, sulit mendeteksinya. Karena ini bukan seperti magma yang berkembang,” ujarnya seperti yang dikutip Tempo.co.

“Kalau misalnya magma, masih bisa kelihatan inflasinya. Ini tidak, sektor yang collaps ini tiba-tiba. Tubuh gunung api saat ini juga sudah tidak aman dipasang peralatan,” kata Devy. (AS)
Share:
Komentar

Berita Terkini