Adik Prabowo Subianto Masuk Daftar Konglomerat Terkaya RI Versi Forbes, Hartanya Fantastis

Admin
Jumat, 14 Desember 2018 - 17:03
kali dibaca
Prabowo Subianto dan Hashim Djojohadikusumo. Foto: Kabar News
Mediaapakabar.com - Adik calon presiden Prabowo Subianto, Hashim Djojohadikusumo masuk dalam daftar orang terkaya RI versi Forbes. Majalah ini baru saja melansir 50 nama konglomerat terkaya Indonesia 2018.

Menurut Forbes, Hashim memiliki harta kekayaan sekitar US$ 850 juta atau setara Rp 12,3 triliun. Adik Prabowo ini berada di peringkat ke-35 dalam deretan orang terkaya RI versi Forbes.

Hashim Djojohadikusumo menngumpulkan pundi-pundi kekayaan dari perusahaannya Arsari Group. Perusahaan ini bergerak di berbagai sektor mulai dari perkebunan kelapa sawit, pulp and paper, logistik hingga perusahaan kargo.

Meski tak termasuk dalam dereta orang terkaya Forbes, kakak Hashim, Prabowo Subianto juga memiliki harta berlimpah. Dalam laporan harta kekayaan negara, Prabowo melaporkan asetnya yang hampir bernilai Rp 2 triliun.

Selain Hashim, Forbes juga merilis empat nama baru yang masuk dalam deretan orang terkaya. "Sebagian besar nama-nama baru ini berhasil masuk daftar karena kenaikan harga saham dari perusahaan yang mereka miliki," tulis dalam rilis Forbes, seperti yang dilansir Tempo.co, Kamis, 13 Desember 2018.

Keempatnya adalah Danny Nugroho, Benny Tjokrosaputro, Sabana Prawiradjaja dan Arifin Panigoro. Sedangkan di peringkat teratas masih diduduki Hartono bersaudara senilai US$ 35 miliar, di mana sekitar 70 persen dari total kekayaannya berasal dari Bank Central Asia. Sementara itu, Susilo Wonowidjojo naik ke posisi dua dengan kekayaan sebesar US$ 9,2 miliar akibat meningkatnya harga saham perusahaan rokok Gudang Garam.

Forbes mencatat aset bersih 50 orang terkaya Indonesia mencetak rekor baru dengan total nilai US$ 129 miliar atau naik US$ 3 miliar dari tahun lalu. Kenaikan nilai kekayaan itu ditunjang pertumbuhan ekonomi dan pertumbuhan pasar modal setahun terakhir yang tumbuh sebesar 4,4 persen. (AS)
Share:
Komentar

Berita Terkini