Program USAID Jalin Untuk Keselamatan Ibu Dan Anak

Media Apakabar.com
Jumat, 02 November 2018 - 19:36
kali dibaca
foto: Ist 
Mediaapakabar.com-Wakil Gubernur Sumatera Utara mendukung program ‘USAID Jalin'. Yakni program penyelamatan ibu dan bayi. 

Program ini fokus dilakukan di satu daerah, sehingga hasilnya akan dirasakan secara langsung, Apalagi tingkat kematian ibu dan bayi masih sangat tinggi di Sumut.

Wagub Musa Rajekshah saat menerima audiensi USAID Jalin dihadiri  
Regional Manager Program USAID Jalin Sumut Harry Masyrafah bersama USAID Jalin Sumut Nasril A Lubis, Zul Fadhli dan Eka Dewi di ruang kerjanya, Jalan Pangeran Diponegoro Nomor 30 Medan pada Jumat (2/11/2018).

Turut mendampingim Kadis Kesehatan Sumut Agustama,Sekretaris Dinas Kesehatan Ridesman, Kabid P2P Dinkes NG Hikmet dan Kabid SDK Dinkes Sri Suriani Purnamawati.

Musa Rajekshah yang akrab disapa Ijeck ini, kualitas kesehatan masyarakat Sumatera Utara memang masih perlu ditingkatkan,terutama di daerah pantai barat Sumatera Utara.

“Masyarakat untuk berobat ataupun melahirkan ke rumah sakit itu masih sangat sulit. Contohnya masyarakat di Panyabungan," ujar Ijeck.

Wagub berharap program USAID Jalin ini bisa dilakukan secara fokus di satu daerah terlebih dahulu. Daerah ini sendiri nantinya menjadi pilot project bagi daerah lain. 

“Saya harap program ini bisa dilakukan di satu daerah dulu, karena ini sifatnya kerjasama dengan Dinas Kesehatan," katanya. 

Sebelumnya, Manager Program USAID Jalin Sumut Harry Masyrafah mengungkap program USAID Jalin ini melibatkan kerjasama dengan berbagai stakeholder. Tujuannya untuk mengantisipasi dan menekan angka kematian ibu dan anak di Sumut. 

Berdasarkan data 2017 untuk kematian ibu di Sumut sebanyak 5/minggu, sementara untuk kematian bayi sebanyak 18/minggu. 

“Untuk kematian ibu itu paling banyak di Labuhanbatu, Deliserdang juga Langkat. Sementara untuk kematian bayi itu terbanyak di Madina, Deliserdang dan Padang Sidimpuan,” papar Harry. (**/joel)
Share:
Komentar

Berita Terkini