PKPA Bersama ILO Selenggarakan K3

| Selasa, 06 November 2018 | 16.10 WIB
Kali Dibaca

Bagikan:
foto: Ist
Mediaapakabar.com-PKPA dengan International Labour Organization (ILO) menyelenggarakan Workshop Pembelajaran dan Praktek Pilot Program Peningkatan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) di Desa Sei Penjara Langkat pada Minggu (04/11/2018).

Workshop ini diikuti 25 petani sawit rakyat menggunakan metode Participatory Action Oriented Training (PAOT).

PAOT adalah metode pelatihan, dimana masalah dan penyelesaian digali secara langsung dengan melibatkan peserta secara aktif. 

Workshop ini merupakan lanjutan pada Agustus 2018 yang diharapkan dapat meningkatkan kesadaran petani terhadap keselamatan pekerjaan yang sedang dilakukannya.

Pada workshop sebelumnya, petani telah diajak untuk menemukan kebiasaan kurang tepat terkait pekerjaan yang berpotensi mencelakai diri sendiri maupun keluarga.

Salah satu contoh paling menarik Rudi Condro, beliau melakukan perbaikan keamanan pada kelistrikan. 

Selain terkait kelistrikan, peningkatan K3 juga meliputi beberapa hal diantaranya mengguatkan pelindung lengkap saat bertani sawit (sepatu, helm dan jaket).  

Selalu meletakkan alat kerja berbahaya dan benda tajam di tempat yang sulit dijangkau anak dan pembuatan jalur evakuasi agar memudahkan penyelamatan jika terjadi kecelakaan saat bekerja.

“PKPA melaksanakan pelatihan K3 dengan pendekatan partisipatif berbasis aksi agar para petani perkebunan kelapa sawit rakyat dengan senang hati melakukan perubahan dan perbaikan kondisi lingkungan kerja, sesuai dengan prinsip berbiaya murah, cerdas dan memberikan solusi," jelas Ismail marzuki selaku Manager Unit PKPA. (**/dani)
Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI