Merasa Tersinggung dengan Ucapan 'Tampang Boyolali', Warga Laporkan Prabowo Subianto

| Senin, 05 November 2018 | 08.22 WIB
Kali Dibaca

Bagikan:
Prabowo Subianto. Foto: Antara
Mediaapakabar.com - Salah seorang pria yang mengaku berasal dari Boyolali, Jawa Tengah, bernama Dakun, melaporkan Calon Presiden RI Prabowo Subianto ke Polda Metro Jaya. Laporan terkait pidatonya yang menyoal tentang 'Tampang Boyolali'.

Dakun didampingi bersama kuasa hukumnya, Muannas Alaidid, mendatangi Polda Metro pada Jumat (2/11).

"Pak Dakun merupakan warga dari Boyolali memilih untuk melaporkan terkait beredarnya pidato yang dikakukan oleh Pak Prabowo pada safari politik beberapa waktu lalu di Kota Solo dan di sekitarnya, termasuk Boyolali," ujar Muannas saat dikonfirmasi, Sabtu (3/11).

Menurut Muannas, Prabowo telah mengeluarkan satu pernyataan yang dapat menyinggung orang lain. Ia menambahkan sangat penting bagi pasangan calon lain, termasuk Sandiaga Uno, Joko Widodo, dan Kiai Ma’ruf Amin, untuk tidak mengeluarkan pernyataan yang menyinggung orang dari wilayah tertentu.

“Laporan polisi ini, saya kira, merupakan bagian yang menjadi proses kontrol terhadap komitmen pasangan calon,” kata Muannas seperti yang dilaporkan Republika.co.id.

Ia berpendapat tidak semua orang yang hadir pada safari politik dapat menerima perkataan Prabowo. Sebab, perolehan suara pendukung Joko Widodo sekitar 75 persen di Boyolali.

Meski mungkin ada yang menerima, ia menekankan, persoalannya terletak pada pernyataan yang merendahkan orang dari wilayah lain. “Jangan mengeluarkan statement yang menghinakan atau melecehkan,” kata dia.

Dakun mengaku merasa tersinggung dengan ucapan Prabowo, yakni masyarakat Boyolali jika masuk mal atau hotel bakal diusir karena tampangnya yang masuk kategori 'Tampang Boyolali'. Ia menilai pernyataan tersebut tidak pantas, apalagi kemudian dijadikan bahan tertawaan.

"Artinya mereka kadang-kadang ada yang ketawa, tetapi ketawanya itu grup siapa. Sementara kami mengharapkan cinta damai, karena begitu-begitu sudah nggak usum, kalau orang Jawa bilang," papar Dakun.

Prabowo Subianto menyebutkan sebuah pernyataan viral tentang ‘Tampang Boyolali’ pada peresmian Kantor Badan Pemenangan Prabowo-Sandi di Boyolali, Jawa Tengah, Selasa (30/10) lalu. Pidato tersebut viral di YouTube pada Kamis (1/11).

Pernyataan yang disebut Prabowo dalam pidatonya: ‘Saya yakin kalian nggak pernah masuk hotel-hotel tersebut, betul? (Betul, sahut hadirin yang ada di acara tersebut). Mungkin kalian diusir, tampang kalian tidak tampang orang Kaya, tampang kalian, ya, tampang orang Boyolali ini’. (AS)
Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI