Menuju Smart City Kertas Di Singkirkan

Media Apakabar.com
Jumat, 02 November 2018 - 19:08
kali dibaca
Wakil Walikota Medan Akhyar Nasution dalam acara Penutupan Bimbingan Teknis Gerakan Menuju 100 Smart City Indonesia yang di ruang rapat III, Kantor Wali Kota Medan,Jumat (2/11/2018).foto-apakabar/dani
Mediaapakabar.com-Demi meminimalisir arsip penggunaan kertas serta memudahkan pemerintahan kota yang paperless,Pemerintah Kota Medan berupaya mewujudkan gerakan menuju 100 Smart City.

Hal itu PR dan tanggung jawab kita semua Bukan hanya tugas Pemko Medan tapi juga menjadi tugas dari para stakeholder dan masyarakat.

Wakil Walikota Medan Akhyar Nasution dalam acara Penutupan Bimbingan Teknis Gerakan Menuju 100 Smart City Indonesia yang di ruang rapat III, Kantor Wali Kota Medan,Jumat (2/11/2018).

Peserta BIMTEK dihadiri juga Guru Besar UGM selaku Pembimbing BIMTEK Smart City Prof. Ahmad Djunaedi.

Mewakili Direktorat Jenderal Aplikasi dan Informatika (Ditjen Aptika) Kemenkominfo Febriana Siahaan.

Tim penulis dari Universitas Sumatera Utara Ikhsan Siregar dan Dani Gunawan,pimpinan OPD pemerintah Kota Medan.

Akhyar juga berharap program ini tidak sekedar lip service atau ucapan tapi harus menjadi bentuk nyata agar Medan menjadi Smart City.

Wali Kota Medan Dzulmi Eldin,yang Wakili Wali Kota meminta nantinya hasil dari bimbingan teknis ini dibuat di dalam satu buku,masterplan Smart City Kota Medan.

Bapedda dan Dinas Kominfo Kota Medan menyusun Draft Peraturan Wali Kota.atau Peraturan Daerah.

Adapun yang menjadi Quickwin yang dipilih adalah aplikasi pelacakan (tracking) mobil pengangkutan sampah di Kota Medan.

Eldin berharap, Quickwin yang sudah disepakati agar dapat dikembangkan,Karena permasalahan sampah adalah masalah  seluruh perkotaan di Indonesia.

Wali Kota menginginkan Quickwin ini tidak hanya tampilan mendapatkan apresiasi pada acara puncak Gerakan Smart City yang akan digelar pada bulan Desember nanti, tapi juga bisa menjadi salah satu solusi untuk memaksimalkan penanganan sampah di kota Medan.

Sebelumnya, gerakan menuju 100 Smart City Indonesia ini merupakan Program Pemerintah Pusat yang dilaksanakan melalui Kementrian Komunikasi dan Informatika RI.

Program ini dilakukan untuk mendukung percepatan pembangunan dan pelayan demi terciptanya masyarakat Indonesia yang adil, makmur dahn sejahtera.(dani)


Share:
Komentar

Berita Terkini