Memalukan, Indonesia Tersingkir Lagi dari Piala AFF, Bima Sakti Minta Maaf

Admin
Kamis, 22 November 2018 - 08:16
kali dibaca
Timnas Indonesia tersingkir dari Piala AFF 2018. Foto: Bola.net
Mediaapakabar.com - Harapan Timnas Indonesia melaju ke babak semifinal Piala AFF 2018 pupus sudah. Hal itu dipastikan setelah Filipina bermain imbang 1-1 lawan Thailand di Panaad Stadium, Bacolod, Rabu (21/11/2018) malam.

Dengan demikian Thailand dan Filipina tetap bertahan di peringkat satu dan dua klasemen sementara Grup B dengan 7 poin. Raihan yang tidak mungkin lagi bisa dikejar Indonesia yang baru mengemas tiga poin dari tiga laga.

Menanggapi kegagalan timnya melaju ke semifinal, Pelatih Timnas Indonesia di Piala AFF 2018, Bima Sakti tidak bisa berkomentar banyak. Ia hanya meminta maaf kepada PSSI dan pecinta bola Tanah Air.

“Pertama saya minta maaf kepada PSSI dan pecinta sepak bola Indonesia,” katanya, Rabu (21/11/) seperti yang dilansir dari Jpnn.com.

Dia mengakui, rasa kecewa dan sedih pasti menyelimuti negeri ini. Namun, dia berjanji di satu laga yang tersisa, Indonesia bakal tampil maksimal.

“Semua pasti sedih, tapi saya pesan kepada pemain, perjuangan belum selesai dan kami harus tutup pertandingan hari Minggu dengan kemenangan,” ucapnya seperti yang dikutip dari Bola.net.

Laga yang dimaksud adalah pertandingan terakhir grup B melawan Filipina di Stadion Utama Gelora Bung Karno. Kegagalan Indonesia ini, diyakini bakal menjadikan atmosfer pertandingan sepi dan penonton malas datang ke stadion.

Kegagalan menembus semifinal Piala AFF 2018 merupakan yang keempat sepanjang sejarah keikutsertaan Indonesia di turnamen yang sejak 1996 sampai 2004 bernama Piala Tiger ini.

Pertama kali Indonesia tersingkir di fase penyisihan grup terjadi pada edisi ke-6 yang digelar di Singapura dan Thailand pada tahun 2007. Kala itu, Tim Merah Putih juga tergabung di Grup B bersama Vietnam, Singapura dan Laos.

Vietnam dan Singapura yang lolos ke semifinal, meski di klasemen akhir perolehan poin Indonesia sama dengan kedua negara tersebut, namun Atep dkk kalah selisih gol.

Kegagalan kedua Indonesia menembus babak semifinal terjadi pada tahun 2012, kalah bersaing dengan Singapura dan Malaysia.

Pada AFF Suzuki Cup 2014 Indonesia kembali gagal ke semifinal setelah hanya menempati peringkat 3 klasemen akhir Grup A, di bawah Vietnam dan Singapura.

Dan seperti diketahui pada Piala AFF 2018 yang menggunakan format baru, semua kontestan memainkan dua laga kandang, Indonesia sudah dipastikan gagal ke menembus babak empat besar.

Padahal pada Piala AFF 2016, Indonesia mampu menembus partai puncak sebelum dikalahkan Thailand dengan aggregat 2-3. (AS)
Share:
Komentar

Berita Terkini