Melihat Konstruksi Restoran Bawah Laut Terbesar di Dunia, Sajikan Ekosistem Bawah Air

Admin
Senin, 12 November 2018 - 08:46
kali dibaca
Berada lima meter di bawah permukaan laut Norwegia, restoran yang dibangun sepanjang 36 meter ini dirancang oleh firma arsitek asal Norwegia, Snøhetta. (MIR and Snøhetta)
Mediaapakabar.com Konstruksi restoran bawah laut Eropa pertama sekaligus yang paling besar di dunia akan segera selesai.


Berada lima meter di bawah permukaan laut Norwegia, restoran yang dibangun sepanjang 36 meter ini dirancang oleh firma arsitek asal Norwegia, Snøhetta.

Firma ini juga tekah merancang beberapa bangunan menakjubkan di antaranya, Bibliotheca Alexandria di Mesir, Oslo Opera House, National September 11 Memorial Pavilion, serta renovasi Times Swuare di New York.

Kelak jika rampung, restoran yang diberi nama Under, ini mampu menampung 100 pengunjung di area seluas 500 meter persegi. Restoran akan dibuka pada April 2019 mendatang.

Bangunan restoran terbagi menjadi tiga lantai. Masing-masing lantai akan menyajikan pemandangan bawah laut kepada pengunjung melalui jendela selebar 11 meter.

Jalan masuk menuju ke restoran
Jalan masuk menuju ke restoran( MIR and Snøhetta)
Lebih dari separuh bangunan terendam di dalam air. Sedangkan pengunjung nantinya dapat masuk ke restoran melalui jalan kaca yang menjembatani pintu masuk dengan pantai.

Arsitek senior Snøhetta, Rune Grasdal memaparkan, desain restoran yang mereka rancang sebenarnya mirip dengan tabung beton yang dilengkapi dengan satu jendela utama.

Dari jendela ini, para tamu akan menikmati pemandangan ekosistem bawah air. Di tempat ini, pengunjung dapat melihat berbagai jenis ikan, termasuk lobster dan anjing laut.

Salah satu hal yang paling penting adalah cahaya. Karena berada di kedalaman laut utara yang beriklim sub tropis, arsitek harus memastikan keberadaan cahaya pada saat musim dingin.

Untuk itu, Grasdar dan timnya menggunakan kain putih untuk menutupi dinding. Sementara pencahayaan dari dalam ruangan diredam agar tidak menghasilkan pantulan di jendela.

proses konstruksi
Proses konstruksi
Pantulan dari dalam ruangan yang sangat terang dapat mengganggu pemandangan pengunjung yang ingin melihat suasana bawah laut.
"Ini adalah hal ajaib untuk dapat berada di dalam ruangan besar seperti ini dan melihat laut melalui jendela besar," ujar Grasdal kepada CNN.

Proses konstruksi sendiri berlangsung selama enam bulan di sebuah tongkang dekat pantai. Bangunan tersebut kemudian ditempatkan di posisinya saat ini, dengan menggunakan alat berat.

Struktur restoran terbuat dari beton bertulang untuk menahan tekanan di bawah air.

"Masalah utamanya adalah tekanan air, karena kami berada di kedalaman lima meter di bawhah permukaan. Tetapi tantangan terbesar adalah gelombang. Angin dan gelombang sangat ekstrim di sini," ujar Grasdal.

proses konstruksi
Proses konstruksi(Aldo-Amoretti)
Grasdal menambahkan, untuk menahan semua kekuatan yang dapat menghantam struktur, maka bangunan restoran dibuat melengkung dengan ketebalan setengah meter untuk beton.
Sedangkan kaca akrilik yang digunakan untuk jendela, memiliki ketebalan 30 sentimeter.

Sementara untuk desain restoran, Grassdal mengatakan mereka membuat rancangan yang sederhana.

"Awalnya kami menghabiskan banyak waktu pada desain yang sangat rumit," ucap Grasdal.

Namun setelah melalui beberapa kali revisi, firma ini akhirnya memutuskan untuk membuat model yang lebih sederhana. (AS)
Share:
Komentar

Berita Terkini