Melihat Situs Kuno Teater Romawi yang Selamat dari Perang Sipil di Suriah

| Minggu, 25 November 2018 | 09.06 WIB
Kali Dibaca

Bagikan:
Teater Romawi di Bosra, situs warisan dunia. AFP
Mediaapakabar.com - Sebuah teater Romawi yang ada di Suriah selatan ditemukan dalam keadaan utuh. Situs warisan dunia itu selamat dari kehancuran akibat perang saudara selama tujuh tahun.

Dilansir AFP, Minggu (25/11/208), teater yang dibuat abad ke-2 itu berdiri menjulang di kota kuno Bosra yang dianggap UNESCO terancam setelah konflik Suriah pecah.

Puluhan pengunjung mendatangi situs arkeologi itu. Kementerian Pariwisata menyetujui perjalanan ke daerah itu.

Pasukan rejim merebut kembali kendali penuh atas Provinsi Daraa dan sekitarnya pada Juli lalu untuk pertama kalinya dalam enam tahun.

Pemberontak menguasai sebagian Bosra pada 2012 dan mengambil alih penuh pada 2015.

"Saya pikir saya akan menemukannya hancur, tetapi tampaknya selamat dari perang ganas ini," kata Aswad, salah satu pengunjung seperti yang dikutip dari Detikcom.

Di sekeliling mereka, auditorium kuno tampak tidak tersentuh, kecuali lubang di tangga, lubang kecil di atas panggung, dan cangkul kerang di kolom.

Pada zaman kuno, Bosra adalah ibukota provinsi Romawi di Arab. Kota ini juga jadi persinggahan penting di rute kafilah kuno ke Mekah, kata UNESCO.

Situs arkeologi - yang dulunya kota yang ramai dengan sekitar 80.000 orang - juga berisi reruntuhan Kristen awal dan beberapa masjid.

Sebelum perang, pariwisata adalah sumber penting mata uang asing untuk ekonomi Suriah, kedua setelah ekspor minyak.

Tetapi setelah penindasan brutal terhadap protes anti-pemerintah pada tahun 2011 berputar ke dalam perang sipil, pertempuran itu membuat para pengunjung asing tidak berani.
Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI