Gubsu Ajak Masyarakat Nias Musuhi Kemiskinan

| Jumat, 02 November 2018 | 15.34 WIB
Kali Dibaca

Bagikan:
foto: Ist 
Mediaapakabar.com-Gubernur Sumatera Utara (Sumut) mengajak masyarakat Nias untuk memusuhi kemiskinan dan senantiasa berusaha meningkatkan kualitas hidup. 

"Ada keprihatinan bagi saya melihat kesejahteraan yang tidak merata. Padahal di Nias lengkap semua ada, kenapa masih miskin, ayo sama-sama kita ubah ini," ujar Edy Rahmayadi saat melakukan pertemuan dengan kepala sekolah dan guru SMK se Kepulauan Nias, di halaman SMKN 2 Tuhemberua pada Kamis (01/11/2018).

Pertemuan dengan kepala sekolah dan guru SMK se Kepulauan Nias dilakukan dalam rangka upaya Revitalisasi SMK oleh Dinas Pendidikan Provinsi Sumut dengan visi membangun desa menata kota, mencintai pertanian enuju Sumut bermartabat.

Revitalisasi SMK, kata Edy, salah satu langkah dan cara mengentaskan kemiskinan di Nias. SMK akan dilibatkan untuk mencetak generasi ahli dalam bidang tertentu dan menjawab persoalan di tengah masyarakat. 

Sebelumnya, Kepala Dinas Pendidikan Arsyad Lubis menyampaikan revitalisasi SMK bertujuan memfungsikan kembali sekolah SMK khususnya jurusan pertanian di Kepulauan Nias. 

"Kita bermitra antara pemerintah daerah dan provinsi. Seperti Dinas Pertanian Nias Utara yang datang kemari dan mengajar di SMKN 2 merupakan kewenangan provinsi, mereka datang dan menjadi penyuluh. Sinergi seperti inilah yang harus terus kita bina, untuk mencapai tujuan," ucap Arsyad.

Sementara itu, Bupati Nias Utara M Ingati Nazara menyambut baik dan sangat mendukung program Revitalisasi SMK oleh Pemprovsu. Katanya, program ini tentunya akan membantu mempercepat target Nias Utara untuk menjadi daerah swasembada beras.

"Saat ini, luas areal pertanian Nias Utara, khususnya sawah, kurang lebih telah mencapai 3000 hektar. Dinas pertanian kita sedang memacu membuka areal pertanian di beberapa kecamatan untuk mengejar target 2000 hektar lagi, agar Nias Utara bisa menjadi daerah swasembada beras," ungkapnya.

Turut hadir Kepala Dinas Pertanian Provsu Azhar Harahap, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan KB Provsu Ria Telaumbenua, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisara Provsu Wan Hidayati, Wakil Bupati Nias Utara Haogosochi Hulu, Wakil Walikota Gunungsitoli Sowa'a Laoli, OPD dan unsur forkopimda Nias Utara. (**/joel)


Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI