Wali Kota Terapkan PHBS Mulai dari Diri dan Keluarga

| Rabu, 31 Oktober 2018 | 22.10 WIB
Kali Dibaca

Bagikan:
 Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 54 yang digelar Dinas Kesehatan Kota Medan  di STEMIK Neumann Jalan Jamin Ginting, Medan. Rabu (31/10)
Mediaapakabar.com-Wali Kota Medan Drs. H. T. Dzulmi Eldin S, M.Si mengajak masyarakat Kota Medan melaksanakan Pola Hidup Bersih dan Sehat(PHBS).

Dengan membiasakan memakan sayur dan buah hasil bumi nusantara, rutin melakukan olahraga, dan selalu menjaga kebersihan diri serta  lingkungan.

Pasalnya, masyarakat yang sehat merupakan modal besar untuk ketangguhan suatu bangsa. Untuk itu, keterlibatan seluruh komponen bangsa mencakup pemerintah, swasta dan masayarakat sangat dibutuhkan.

Ajakan ini disampaikan Wali Kota dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Kepala Dinas Kesehatan Kota Medan Usma Polita saat menghadiri Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 54 yang digelar Dinas Kesehatan Kota Medan  di STEMIK Neumann Jalan Jamin Ginting, Medan. Rabu (31/10).

Peringatan HKN ini juga dirangkai dengan kegiatan Bakti Sosial yang digelar Dinas Kesehatan Kota Medan berupa operasi katarak, pemberian makanan tambahan (PMT), pemberian kacamata baca, donor darah,  pemeriksaan dan pelayanan kesehatan gigi dan mulut.

Dikatakan Wali Kota, Peringatan HKN ini sejalan dengan program Indonesia Sehat yang digalakkan Pemerintah Pusat.

Program ini menitikberatkan pada pendekatan keluarga yang mengajak seluruh komponen bangsa untuk selalu meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan berprilaku hidup sehat agar mampu memperbaiki kualitas kehidupan diri dan keluarga.

“Sesuai dengan sub tema peringatan HKN tahun ini, ayo hidup sehat, mulai dari kita, saya menginginkan semangat mengubah pola hidup yang selama ini salah dan tidak sehat menjadi polah hidup sehat dapat dimulai dari diri sendiri, lalu didik anak-anak kita serta anggota keluarga lainnya untuk menerapkan pola hidup sehat tersebut. Karena keluarga merupakan bagian terkecil dari masyarakat.

Peringatan HKN ini, tambah Wali Kota, merupakan momentum untuk mengubah upaya kesehatan bersifat kuratif, menjadi bersifat preventif dan promotif.

Untuk itu, Wali Kota juga mengimbau kepada seluruh elemen baik pemerintah, pemangku kepentingan di bidang kesehatan dan juga masyarakat untuk menjadikan hidup sehat sebagai budaya yang akan terus melekat pada diri masyarakat Kota Medan.

Usai memberikan sambutan,Kadis Kesehatan bersama Ketua Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Kota Medan, Meriah Ukur Sembiring dan Camat Medan Tuntungan Gelora Ginting meninjau pelaksanaan bakti sosial yang berada di dalam gedung dan halaman STEMIK Neumann. (dani)
Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI