Wagubsu Hadiri TKN Dan TTG Ke XX

| Jumat, 19 Oktober 2018 | 21.28 WIB
Kali Dibaca

Bagikan:
foto: apakabar/Ist
Mediaapakabar.com-Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagub Sumut) menghadiri Temu Karya Nasional (TKN), Gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) XX dan Pekan Inovasi Perkembangan Desa/Kelurahan (PINDeskel) 2018 di kawasan Garuda Wisnu Kencana, Bali pada Jumat (19/10/2018). 

Kegiatan yang akan berlangsung hingga 22 Oktober 2018 tersebut dibuka Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

Kota Tebingtinggi merupakan salah satu daerah di Sumut yang terpilih finalis lomba TTG Tingkat Nasional. Rencananya, pemenang lomba akan diumumkan pada Sabtu, 20 Oktober 2018 di Kawasan Garuda Wisnu Kencana, Bali.

Musa Rajekshah selaku Wagubsu bersama Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Sumut Sri Ayu Mihari.  Wagubsu mengapresiasi pelaksanaan TKN, TTG dan PINDeskel 2018 di Bali. 

Menurutnya, kegiatan tersebut dapat memberi inspirasi kepada masyarakat untuk terus mengembangkan inovasi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“ Kegiatan ini sangat bagus, selain mendorong pengembangan teknologi tepat guna, juga menjadi inspirasi masyarakat untuk terus berinovasi menghasilkan produk nilai tambah bagi masyarakat,” ujar Musa Rajekshah, yang akrab disapa Ijeck.

Sementara Presiden Joko Widodo, kekuatan Indonesia memang terletak pada perbedaan yang besar. 

“ Perbedaan warna warni itu kelihatan dalam tarian yang kita lihat barusan. Kalau kekuatan ini bisa kita satukan kita akan memiliki kekuatan yang besar,” kata Jokowi.

Presiden berharap agar pembangunan bangsa dimulai dari desa. Pembangunan di desa harus menggunakan bahan dari desa tersebut. 

Dengan menggunakan teknologi tepat guna dan aplikasi sistem yang semakin terjangkau, desa bisa dipasarkan berkat itu. 

“ Saya lihat banyak desa berhasil mengangkat desanya menjadi tempat wisata baru dengan income tidak sedikit,” kata Jokowi.

Kegiatan itu merupakan acara tahunan yang diadakan oleh Ditjen Bina Pemerintahan Desa (PMD) Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Desa PDTT. Tujuan kegiatan untuk mencari kreator dan inovator di daerah dalam pengembangan teknologi.  (rel/joel)


Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI