TNI Evakuasi Medik Udara Korban Luka Serius

Media Apakabar.com
Sabtu, 13 Oktober 2018 - 22:00
kali dibaca
foto-apakabar/rel
Mediaapakabar.com-Tim Kesehatan TNI dipimpin dr. Letda Ckm George Tirtadihatmo dengan menggunakan Helikopter MI-17 dari Skadron 31/Serbu Penerbad TNI AD menuju Desa Boladanko, Kecamatan Kulawi, Kabupaten Sigi, untuk mengevakuasi korban yang menderita patah tulang pasca bencana gempa bumi dan tsunami yang mengguncang Sulawesi Tengah beberapa waktu lalu.

Tim Kesehatan TNI sebelumnya mendapatkan informasi dari Camat Kulawi, Bapak Rolly Bagalatu yang berada di Posko Desa Boladanko, bahwa ada seorang warganya bernama Ibu Rabu (73 th) yang mengalami patah tulang kaki kanan.

Selanjutnya Tim Kesehatan TNI, terdiri dari satu dokter dan empat paramedis bergerak melalui jalur udara. Setelah dilakukan pemeriksaan, pasien diterbangkan ke RSUD Undata, Kota Palu, Sulawesi Tengah, Sabtu (13/10/2018), melalui jalur udara dengan menggunakan Helikopter MI-17 TNI AD.

Evakuasi melalui udara ini dilakukan sesuai dengan rencana. Kondisi pasien saat ini dalam keadaan stabil dan direncanakan dilakukan operasi di RSUD Undata, yang saat ini tersedia sarana dan tenaga dokter yang lengkap.

Awalnya Ibu Rabu tidak ingin di evakuasi untuk mendapat perawatan kesehatan lebih lanjut, karena masih trauma terhadap gempa bila dirujuk ke Rumah Sakit di Palu. Namun, dokter dari Tim Kesehatan TNI berhasil membujuk dan meyakinkan pasien tersebut, sehingga mau di evakuasi.

Selain melakukan evakuasi medik udara bagi korban yang mengalami luka serius, Tim Kesehatan TNI juga memberikan bantuan kesehatan dan obat-obatan serta logistik seperti beras, mie instan, susu dan popok bayi yang diterima langsung oleh Camat setempat.(***)

Share:
Komentar

Berita Terkini