Tes Urin Penting Untuk Mengetahui Jenis Penyakit Di Tubuh

| Rabu, 24 Oktober 2018 | 20.06 WIB
Kali Dibaca

Bagikan:
foto: Ist 
Mediaapakabar.com-Anda pernah melakukan tes urin? Semua orang mungkin pernah melakukan tes urin untuk beberapa keperluan yang berbeda. 

Tes urin biasanya sering digunakan untuk mengetahui jenis penyakit tertentu yang berkembang dalam tubuh. Tes urin juga dilakukan untuk mengetahui sejumlah zat asing yang ada dalam tubuh. 

Dengan demikian tes urin memang diperlukan untuk berbagai tujuan yang berbeda. Tes urin akan menjelaskan bagaimana kondisi tubuh termasuk jika seseorang mengalami kelainan tertentu.

Urin adalah salah satu hasil dari sisa metabolisme atau sampah yang harus keluar dari tubuh. Urin juga mengatur jumlah cairan dalam tubuh. Zat yang keluar bersama urin memang harus keluar dari tubuh atau bisa menjadi sumber penyakit untuk tubuh. 

Bahkan semua zat yang harus dikeluarkan dari tubuh bersama urin mengandung racun, obat, zat dari makanan serta minuman. Jadi pemeriksaan urin dilakukan untuk mengetahui kelainan atau kondisi pada sistem kemih. 

Selain itu, tes urin juga diperlukan untuk mengetahui berbagai jenis penyakit yang disebabkan oleh gangguan metabolisme.

Ada berbagai alasan mengapa seseorang harus melakukan tes urin. Biasanya tes urin diperlukan atas rujukan dari dokter atau rumah sakit. 

Bahkan beberapa lembaga khusus juga selalu menyertakan tes urin sebagai syarat dari tes kesehatan. Jadi ada berbagai fungsi yang bisa didapatkan dari tes urin. Ada beberapa macam jenis tes urin,

Tetapi kali ini kepala kantor Kementerian agama Kabupaten Labuhanbatu Utara (Labura) Agus Priadi diwakili Kepala Sub Bagian Tata Usaha, H ibrahim Sihombing bekerja sama dengan Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Labura. 

Mengadakan tes urin kepada seluruh ASN di lingkungan kantor Kementerian agama terdiri dari seluruh kepala seksi, kepala kua kecamatan, kepala sekolah dan seluruh ASN.  

Guna untuk pencegahan penyalah gunaan narkoba. Khususnya seluruh keluarga besar kantor Kementerian agama Kabupaten Labura. 

Tes urin juga sering diperlukan untuk mengetahui kandungan alkohol dan jenis Narkoba dalam urin. Ini menjadi metode paling mudah untuk dilakukan dalam mengetahui zat atau bahan terlarang dalam urin. 

Hasil tes yang digunakan untuk mengetahui kandungan ganja dalam tubuh bisa didapatkan setelah satu minggu dari pengujian. 

Sementara beberapa jenis obat-obatan lain yang lebih tajam seperti heroin, kokain, ekstasi bisa muncul selama beberapa hari saja. 

Tes strip juga dilakukan untuk mengetahui kadar alkohol dalam tubuh. Atlit atau profesional dalam bidang olahraga biasanya memerlukan tes ini untuk mengetahui kandungan zat khusus atau obat pemicu kekuatan seperti obat yang mengandung zat dopping.

Stop Narkoba, Mari Bersama Selamatkan Generasi Bangsa, mari mulailah dari diri sendiri.  (relis)
Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI