Seorang Gadis 8 Tahun Tanpa Sengaja Temukan Pedang Berusia 1.000 Tahun Sebelum Era Viking

| Minggu, 07 Oktober 2018 | 11.40 WIB
Kali Dibaca

Bagikan:
Pedang ditemukan gadis 8 tahun
Mediaapakabar.com - Seorang gadis berusia 8 tahun yang melewati bebatuan di sebuah danau di Swedia awal musim panas ini menemukan sebuah pedang berusia lebih dari 1.000 tahun dari era sebelum Viking, sebagaimana dilaporkan Daily Mail akhir pekan ini.

Saat mengarungi danau Vidöstern di Tånnö, Småland, Saga Vanecek berpikir dirinya menemukan semacam tongkat, tetapi ternyata itu adalah pedang. Para ahli berupaya untuk melestarikan relik halus pedang itu sebelum akhirnya dipajang di Museum Jönköpings Läns.

Meskipun Vanecek menemukan pedang itu beberapa bulan lalu, berita itu tetap dirahasiakan sampai minggu ini untuk memberi waktu kepada para peneliti menjelajahi daerah itu untuk menemukan artefak lain yang mungkin berada di dekatnya, menurut The Local.

Dan saat melakukan ini, mereka menemukan bros kuno dari periode waktu yang sama, serta koin abad ke-18.

Melansir Tempo.co, dadis Swedia-Amerika berusia 8 tahun, yang keluarganya baru saja pindah kembali ke negara itu dari Minneapolis tahun lalu, menemukan harta karun tersebut secara kebetulan saat dia bermain di air dangkal dalam perjalanannya untuk mengambil pelampung.

Pedang itu berukuran 33 inci (85 cm) panjang dan memiliki komponen yang terbuat dari logam dan kayu.

"Saya berada di luar air, melemparkan tongkat dan batu dan barang-barang untuk melihat seberapa jauhnya, dan kemudian saya menemukan semacam tongkat," katanya kepada The Local.

“Saya mengambilnya dan akan menjatuhkannya kembali ke air, tetapi benda itu memiliki pegangan, dan saya melihat bahwa itu sedikit runcing di ujung dan semua berkarat."

"Saya mengangkatnya ke udara dan berkata 'Ayah, saya menemukan sebuah pedang!'" Ketika sang ayah melihat bahwa benda itu bengkok dan berkarat, dia datang berlari dan mengambilnya. '

Museum memperkirakan pedang itu dapat ditelusuri kembali ke abad ke-5 atau ke-6.

Benda itu pada akhirnya akan ditampilkan ke publik, tetapi para peneliti mengatakan akan makan waktu beberapa bulan sebelum hal itu terjadi.

"Proses konservasi memakan waktu cukup lama karena ini adalah lingkungan yang rumit dengan kayu dan kulit, sehingga mereka memiliki beberapa langkah untuk memastikannya terlestarikan untuk masa depan," kata Mikael Nordström dari Museum Jönköpings Läns kepada The Local.

'Mengapa itu terjadi di sana, kami tidak tahu. Ketika kami mencari beberapa minggu yang lalu, kami menemukan obyek prasejarah lainnya; sebuah bros dari sekitar periode yang sama dengan pedang, jadi mungkin itu adalah tempat pengorbanan."

Tidak hanya penemuan yang menarik untuk kepentingan sejarahnya, tetapi untuk keluarga itu, itu juga merupakan pengingat akan rumah.

"Yang keren adalah saya adalah penggemar besar Minnesota Vikings, dan ini terlihat seperti pedang Viking," kata ayahnya kepada The Local. (AS)
Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI