Meulaboh Diguncang Gempa Magnitudo 5,4 SK, Namun Tidak Berpotensi Tsunami

Admin
Selasa, 16 Oktober 2018 - 09:46
kali dibaca
Ilustrasi
Mediaapakabar.com - Gempa dengan magnitudo 5,4 terasa menggoyang wilayah Meulaboh, ibu kota Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh, Senin, 15 Oktober 2018, pukul 23.26.49 WIB.

"IMM Skala III, getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu," jelas prakirawan BMKG Stasiun Meulaboh, Angga Yudha menjawab Antara, Selasa dini hari.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan, gempa dengan magnitude 5,4 skala richter itu terjadi di wilayah perairan Kabupaten Aceh Barat dan tidak memicu terjadinya gelombang tsunami.

BMKG Stasiun Geofisika Mata I'e Banda Aceh di Aceh Besar, Selasa, mengatakan gempa ini terjadi di laut yang berjarak 74 kilometer arah barat daya di Aceh Barat dengan kedalaman 25 kilometer. Pusat gempa berlokasi 3,91 Lintang Utara, dan 95,76 Bujur Timur.

"Jika merujuk pada informasi yang diberikan terkait dampak gempa seakan mengayun dan banting, hal ini sangat mungkin terjadi pada gempa barusan," ujar BMKG Stasiun Geofisika Mata I'e seperti yang dilaporkan Tempo.co.

"Karena pusat gempa bumi yang dangkal, dan faktor bebatuan di wilayah Meulaboh (Aceh Barat) yang cenderung merupakan daerah pesisir," jelas lembaga tersebut.

Cutbang Frizy (45), warga Meulaboh, Aceh Barat, mengatakan gempa bumi terjadi di tengah malam terasa kuat. "Di Meulaboh agak kuat (terasa), seperti bantingan atas bawah," katanya. "Sepertinya gempa kali ini agak unik, karena terasa ngayun sama banting," tutur Cutbang. (AS)
Share:
Komentar

Berita Terkini