Kemnaker Himbau Ikapeksi Buat Terobosan Baru

| Selasa, 16 Oktober 2018 | 17.56 WIB
Kali Dibaca

Bagikan:
foto: apakabar/ nor
Mediaapakabar.com-Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) mengajak para alumni pemagangan Jepang tergabung dalam Ikatan Pengusaha Kenshusei Indonesia (Ikapeksi) agar membantu pemerintah mencari sejumlah terobosan baru dan memotivasi pekerja Indonesia menjadi wirausaha.

Keberadaan wirausaha baru dibutuhkan untuk mewujudkan target Indonesia yang diprediksi menjadi negara maju dan negara peringkat ketujuh dunia sebagai pelaku ekonomi pada tahun 2030.

" Nah, persyaratannya untuk menjadi rangking ketujuh dan negara maju, pelaku usaha atau wirausahanya minimal harus ada 3 persen dari jumlah penduduk," kata Direktur Bina Pemagangan Asep Gunawan mewakili Dirjen Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas (Binalattas) Kemnaker Bambang Satrio Lelono  saat membuka Musyawarah Besar II IKAPEKSI Indonesia tahun 2018  di Bandung pada Jawa Barat, Sabtu (13/10/2018).

Diungkapkan, hingga saat ini Indonesia baru memiliki pelaku wirausaha sebanyak 1,8 persen dari total jumlah penduduk Indonesia sekitar 265 juta jiwa. 

Jadi masih ada 1,2 persen yang harus diperjuangkan Kemnaker agar angkatan kerja Indonesia lebih banyak menjadi enterpreneur daripada yang ingin bekerja. 

Peranan Ikapeksi juga diharapkan ikut membantu meningkatkan daya saing tenaga kerja Indonesia.

" Kami harap ke depan agar ada sinergitas Kemnaker dengan Ikapeksi. Karena di Direktorat Produktivitas ada program kewirausahaan nyambung dalam rangka membina dan mencetak wirausaha," kata Asep 

Ketua Ikapeksi Indonesia Heri Mulyono berharap Mubes II Ikapeksi Indonesia di Bandung bertema "Membentuk Kepengurusan yang Solid dan Produktif" menjadi momentum bagi Ikapeksi Indonesia agar ke depan semakin besar, solid, bermartabat, produktif dan bersatu membangun negeri.  (nor)
Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI