Kapolda Sumut Bersama Ansu Tanami Magrove

| Selasa, 16 Oktober 2018 | 18.16 WIB
Kali Dibaca

Bagikan:
foto: apakabar/Ist
Mediaapakabar.com-Kapolda Sumut dan Aliansi Nelayan Sumatera Utara (ANSU) melaksanakan penanaman Mangrove di rangkai dengan Bhakti Sosial serta Pemeriksaan Kesehatan Gratis di Pantai Mangrove Desa Sei Nagalawan, Kecamatan Perbaungan, Sergai pada Selasa (16/10/2018). 

Dihadiri Bupati Sergai H Soekirman, Kapolda Sumut Irjen Pol. Agus Andrianto, Kapolres Sergai AKBP H Juliarman Eka Putra Pasaribu, Kajari Sergai Jabal Nur, Wabub Sergai H.Darma Wijaya, perwakilan MURI Ridho, para Kepala OPD, Camat, Ketua ANSU Sutrisno, Bhayangkari, Kades, serta puluhan ribu para nelayan dan masyarakat dari 5 kabupaten di Sumut pecahkan rekor MURI.  

Bupati dalam sambutannya laut memegang peranan penting bagi kondisi alamiah bumi kita, selain berfungsi sebagai penahan panas dan juga menentukan siklus air serta perubahan cuaca. 

" Luas lautan yang mencapai 70% dari luas bumi harusnya menyadarkan kita bahwa pulau yang kita tinggali hanyalah seonggok tanah daratan yang menyerak dari lautan luas," katanya. 

Secara ekologis, ekosistem mangrove berperan sebagai area pemijahan ikan (spawning ground), pembesaran ikan (nursery ground) dan juga tempat mencari makan (feeding ground). 

Kemudian, mangrove juga berfungsi sebagai penopang ekosistem laut dan pesisir karena saling terkait pada ekosistem lamun dan terumbu karang.  

Sebelumnya Kapolda Sumut Irjen Pol. Agus Andrianto, kita sebagai pelaku sejarah hendaknya memberikan/meninggalkan bekal sesuatu yang bermanfaat bagi banyak orang khususnya generasi muda.

Dengan persatuan dan kesatuan serta kerukunan antar umat beragama dan juga lintas entis, Kapolda berkeyakinan tidak ada masalah yang tidak bisa diselesaikan.  

Kapolda berpesan untuk masyarakat Sumut agar jangan mau dijadikan tunggangan sebagian oknum untuk kepentingan politik, kita harus berpikir secara cerdas, bertindak rasional dan berkomentar secara bijak. 

" Semoga apa yang kita lakukan hari ini akan tumbuh dan berkembang memberikan manfaat bagi generasi penerus, anak cucu kita," ujarnya. 

Sedangkan ketua MURI Jaya Suprana yang diwakili oleh Ridho berterimakasih atas antusiasme masyarakat di 5 kabupaten dalam menjaga kelestarian alam khususnya pesisir pantai.  

" Dan hari ini sebanyak 280 ribu bibit mangrove yang ditanam tidak hanya menembus rekor MURI Indonesia tetapi juga dunia," sebutnya.  .(willy) 
Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI