Heboh, Seorang Tukang Sapu Kembalian Uang Rp 330 Juta, Berikut Tolak Hadiahnya Rp 44 Juta

| Jumat, 05 Oktober 2018 | 17.56 WIB
Kali Dibaca

Bagikan:
Foto: The Star
Mediaapakabar.com - Seorang tukang sapu jalanan asal China, Li Man mengembalikan uang senilai 22.000 dolar Amerika Serikat (AS) atau sekitar Rp 330 juta yang ia temukan di tempat sampah. Menariknya lagi, tukang sapu jalanan ini juga menolak menerima hadiah yang diberikan pemilik uang.

Dilansir The Star, Jumat (5/10/2018), Li menemukan uang dalam tas itu saat tengah membersihkan jalan di distrik komersial Haikou, Hainan, China. Begitu tas dibuka, perempuan itu kaget karena ternyata berisi uang senilai 22.000 dolar AS.

Li langsung menghubungi manajernya dan pergi ke kantor polisi setempat. Setelah itu, polisi melakukan penyelidikan untuk mengetahui pemilik uang berdasarkan tanda terima yang terdapat di samping segepok uang ratusan juta rupiah itu.

Dalam waktu dua jam, pemilik uang yang diketahui bermarga Zhu ditemukan. Zhu pun meminta informasi kepada polisi terkait penemu uang tersebut.

Zhu kemudian bertemu dengan Li dan menawarkan hadiah senilai 20.000 yuan atau sekitar Rp 44 juta. Padahal jumlah itu setara dengan gaji yang diterimanya setahun.

Seorang tukang sapu jalanan asal China, Li Man mengembalikan uang senilai 22.000 dolar Amerika Serikat Foto: dok. The Star
"Itu adalah kewajiban yang saya lakukan. Tidak perlu (memberi hadiah). Meski kondisi saya sulit, penting untuk memiliki moral yang baik. Mengembalikan uang adalah hal yang benar untuk dilakukan," kata Li dalam sebuah wawancara televisi.

Kisah Li ini membuat media sosial di China heboh. Netizen memuji sikap mulia Li yang layak ditiru banyak orang. (AS)
Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI