Hari Sumpah Pemuda Di Sumut Dilaksanakan Di Lubuk Pakam

Media Apakabar.com
Minggu, 28 Oktober 2018 - 22:20
kali dibaca
Pangdam I/BB Mayjen TNI MS Fadhilah menghadiri upacara Hari Sumpah Pemuda Ke-90, Minggu 28 Oktober 2018 di GOR Deli Serdang, Lubuk Pakam,foto-apakabar/dani
Mediaapakabar.com-Pangdam I/BB Mayjen TNI MS Fadhilah menghadiri upacara Hari Sumpah Pemuda Ke-90, Minggu 28 Oktober 2018 di GOR Deli Serdang, Lubuk Pakam.

Pada upacara Hari Sumpah Pemuda tersebut dipimpin Gubernur Sumut Edi Rahmayadi membacakan sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi, kita semua berhutang budi kepada para tokoh pemuda 1928 yang telah mendeklarasikan Sumpah Pemuda sehingga menjadi pelopor pemuda untuk membangun kesadaran kebangsaan Indonesia sekaligus komitmen menjaga Persatuan dan Kesatuan.

Untuk itu kita harus Komitmen dengan bangsaan  kita dan harus diteladani untuk membangun bangsa dan negara untuk mensatukan Indonesia.Maka di Hari Sumpah Pemuda Ke-90 kali ini mengambil tema “Bangun Pemuda Satukan Indonesia”. 

Tema ini diambil atas dasar pentingnya pembangunan kepemudaan untuk melahirkan generasi muda beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.Berakhlak mulia, sehat, cerdas, inovatif, mandiri, demokratis, kewirausahaan, kepeloporan dan kebangsaan berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945 dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Di mana saat ini perkembangan teknologi informasi ibarat dua mata pisau. Satu sisi memberikan jaminan kecepatan informasi sehingga memungkinkan para pemuda untuk meningkatkan kapasitas pengetahuan dalam pengembangan sumber daya serta daya saing.

Namun disisi lain kita dimajukan dengan perkembangan informasi bersifat destruktif mulai dari hoax, hate speech, pornografi, narkoba, pergaulan bebas hingga radikalisme dan terorisme juga masuk dengan mudahnya apabila kaum muda tidak dapat membendung dengan filter ilmu pengetahuan serta kedewasaan dalam berbangsa dan bernegara.

Lebih lanjut disebutkan, untuk menyampaikan pemuda-pemuda hebat Indonesia telah lahir dan mampu berkompetisi di kancah asia. 

Perhelatan Asian Games 2018, atlet-atlet muda Indonesia berhasil bersaing dengan bangsa asia dan menduduki peringkat ke-4, serta di ajang Asian Para Games 2018 para atlet menduduki peringkat ke5.

Ini merupakan sejarah baru kebangkitan olahraga Indonesia dan harus dijadikan momentum untuk terus membangun optimisme pemuda Indonesia dengan bekerja keras mewujudkan prestasi di berbagai bidangnya.

Maka di 2019  nanti bangsa Indonesia akan menggelar pesta demokrasi untuk memilih dan menentukan pimpinan Nasional dan daerah yaitu Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, Anggota Legislatif baik DPR RI, DPD RI, DPRD TK. I dan DPRD TK. II.Untuk itu peran dan tanggung jawab pemuda dalam menyukseskan proses pemilihan umum maka itu partisipasi aktif pemuda dalam Pemilu 2019 perlu ditingkatkan untuk mewujudkan pemilu yang damai, kredibel dan berkualitas.

Dalam upacara Sumpah Pemuda di hadiri Wakil Gubernur Sumut, Pangkosek Hanudnas III Medan, Danlantamal I Belawan, Ketua DPRD Sumut, Anggota DPR RI, Bupati Deli Serdang, Kabinda Sumut, Irdam I/BB, para Staf Ahli Pangdam I/BB, Para Asisten Kasdam I/BB, para Kabalakdam I/BB, para Dansat Sewilayah Medan.  (dani)
Share:
Komentar

Berita Terkini