Gubsu : Buat SOP Tangani Bencana Alam Dan Sispam Kota

Media Apakabar.com
Kamis, 18 Oktober 2018 - 18:02
kali dibaca
foto: apakabar/Ist
Mediaapakabar.com-Gubernur Sumatera Utara (Sumut) meminta penanganan bencana alam dan sistem pengamanan (Sispam) kota harus memiliki standar operasional prosedur (SOP). 

Sehingga penanganan bencana alam dan gangguan keamanan kota dapat dilakukan secara cepat, tepat dan terkoordinir dengan baik.

Demikian Gubernur Edy dalam rapat koordinasi (Rakor) bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Sumut, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumut. 

Dan pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut pada Kamis (18/10/2018) di ruang rapat, lantai 10, Kantor Gubernur Sumut Jalan Pangeran Diponegoro Nomor 30 Medan. 

Hadir dalam Rakor tersebut Ketua DPRD Sumut Wagirin Arman, Wakapolda Sumut Mardiaz Kusin, Danlantamal I Belawan Ali Triswanto, Kasdam I/BB Hasanuddin, mewakili Danlanud Soewondo, Kajatisu, Kepala BPBD Sumut Riadil Akhir Lubis dan sejumlah pimpinan OPD Pemprov Sumut.

“Saya mau ada SOP penanganan bencana dan juga Sispam Kota, sehingga jelas, siapa dan berbuat apa. TNI berbuat apa, Polri berbuat apa, BPBD dan Pemda berbuat apa, ketika ada bencana, harus jelas. Dengan begitu, penanganan bencana di daerah ini dapat dilakukan secara cepat, tepat, dan terkoordinir dengan baik,” ujar Gubernur Edy.

Selama ini, kata Edy, penanganan bencana memang sudah melibatkan berbagai pihak terkait, termasuk TNI, Polri dan lainnya. Namun, pembagian tugas dan tanggungjawabnya belum jelas. Sehingga penanganan bencana belum terkoordinasi dengan baik, padahal anggarannya tersedia. 

“Ke depan, kita berharap hal tersebut tidak akan terjadi lagi,” ujarnya.  (rel/joel)



Share:
Komentar

Berita Terkini