Bakamla RI Patroli Bersama ABF

| Jumat, 19 Oktober 2018 | 19.29 WIB
Kali Dibaca

Bagikan:
foto: apakabar/Ist
Mediaapakabar.com- Meningkatkan keamanan dikawasan laut, Bakamla RI melaksanakan patroli  luar negeri dengan Australian Border Force (ABF) dan Maritime Border Command (MBC) di wilayah perbatasan Indonesia - Australia, sejak Senin.  

Operasi bersama ini melibatkan beberapa unsur dari Indonesia dan Australia, antara lain KN Gajah Laut-4804 Bakamla RI, KP Orca-6004 Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Kapal Thaiyak ABF dan satu pesawat patroli udara maritim ABF.

Direktur Operasi Laut Bakamla RI Kolonel NS Embun, bertindak sebagai Penanggung Jawab Operasi. Sedangkan Pengendali Operasi, Kolonel Imam Hidayat, keseharian bertugas sebagai Kasubdit Penyelenggara Operasi Laut Bakamla RI. 

Sedangkan Komandan Satuan Tugas Operasi dipimpin Letkol Asep Budiman selaku Kasubdit Rencana Operasi Udara Maritim Bakamla RI.

Sampai saat ini, operasi bersama telah dilaksanakan sebanyak delapan kali. Operasi ini merupakan kegiatan rutin antara Bakamla RI dengan ABF, pada setiap tahunnya dua kali.

Metode operasi meliputi deteksi ancaman wilayah laut dan respon yang diberikan. Hasil deteksi akan mendaptakan respon berupa tindak lanjut ancaman yang terjadi. 

Diharapkan dengan digelarnya operasi laut bersama ini dapat meningkatkan kerja sama keamanan laut, khususnya di perairan perbatasan Indonesia - Australia.    (nor)
Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI