Viral Foto Motor 4-tak Pakai Knalpot 2-tak, Sang Pemilik Tak Tahu Akibatnya Bakal Begini

| Rabu, 19 September 2018 | 10.55 WIB
Kali Dibaca

Bagikan:
Viral modifikasi knalpot 2-tak dipakai di skutik 4-tak(Instagram/Agoez_bandz)
Mediaapakabar.com - Modifikasi sah-sah saja dilakukan para pemilik kendaraan. Tapi ada juga yang sedikit "nyeleneh" dari modifikasi yang tengah viral belakangan ini.

Dari postingan beberapa akun instagram, pemilik skutik tengah gandrung memodifikasi bagian knalpot motor mereka dengan knalpot sepeda motor 2-tak.

Ini terlihat dari bagian knalpot yang berbeda dan muffler knalpot yang lebih kecil dibanding knalpot motor 4-tak.

Tapi apa bisa knalpot 2-tak digunakan di sepeda motor skutik yang merupakan motor 4-tak? General Manager Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM) Wedijanto Widarso coba menjelaskan.

"Sebenarnya desain knalpot motor sangat mempengaruhi performa dan emisi dari motor. Sama-sama knalpot motor 4-tak saja desainnya berbeda untuk tiap tipe motor," ujar Wedijanto seperti yang dilansir Kompas.com, Selasa (17/9/2018).

Knalpot 2-tak erat kaitannya dengan proses mesin ini bekerja. Mesin bekerja dalam satu siklus kerja dimana langkah kompresi sekaligus langkah menghisap bahan bakar dan udara.

Ketika terbakar gas buang keluar bersama dengan udara segar. Untuk menghisap kembali udara ini maka dibuat konstruksi knalpot yang menggunakan chamber.

Chamber sendiri berfungsi untuk memantulkan gas buang dari mesin 2-tak agar mendapatkan tenaga sehingga ukuran besar kecil chamber menentukan tenaga mesin. Semakin kecil ukuran chamber karakter tenaga motor kuat di putaran bawah, makin besar maka tenaga keluar di RPM tinggi.

Wedijanto menjelaskan pada motor 4-tak tidak dibutuhkan perut knalpot atau chamber yang ada seperti di motor 2-tak.

Bagian knalpot motor 4-tak hanya memerlukan header atau leher dan silincer atau peredam.

"Efeknya apa, kemungkinan tenaga turun. Karena kalau mengurut prosesnya, gas buang harusnya dibuang langsung, ini malah ditampung dulu," ucap Wedijanto.

Postingan modifikasi ini pun mendapat tanggapan banyak warganet. Banyak yang menyayangkan keputusan pemilik skutik tersebut menggunakan knalpot tersebut sebab motor yang digunakan masih terhitung baru.

Ada juga yang mengungkapkan pengguna skutik berknalpot 2-tak belum bisa beralih ke mesin 4-tak. (AS)

Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI