Dandim 0205/TK Sidak Ke Zona Merah Sinabung

| Selasa, 04 September 2018 | 14.24 WIB
Kali Dibaca

Bagikan:
 Saat Dandim patroli ke desa Suka Nalu 
Mediaapakabar.com--Untuk memastikan tidak ada lagi masyarakat yang tetap beraktifitas di kawasan berbahaya erupsi Gunung Sinabung, Kabupaten Tanah Karo. Dandim 0205/TK,  Letkol Inf Taufik Rizal Batu Bara SE dan Camat Namanteran Dwikora Sitepu didampingi Kasdim dan jajarannya, melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke kawasan Zona Merah Gunung Sinabung pada Selasa (4/9).


Dandim 0205/TK selaku Dansatgas Gunung Api Sinabung, saat konfirmasi mediaapakabar.com , menyampaikan, setelah mendatangi kantor PVMBG untuk  memastikan situasi Gunung Sinabung, ternyata masih berada di level IV atau status Awas.


"Status belum ada perubahan, tetap masih dalam level IV atau status awas. Meski aktivitas gunung sinabung tiga bulan terakhir tidak terjadi erupsi, namun potensi kembali erupsi itu masih ada. Sehingga kita berharap masyarakat yang pemukiman dan area perkebunannya berada di kawasan zona merah (bahaya), seperti di Desa Sukanalu, tidak melakukan aktivitas dan harus tetap berada di pengungsian,”ujarnya 


Sebagai Dansatgas, lanjut Dandim Taufik Rizal, dirinya ingin memastikan warga  tetap aman dari bahaya erupsi Sinabung. Karenanya ia menghimbau warga tidak melakukan kegiatan apa-apa di kawasan zona merah Gunung Sinabung.
Terkait Danau yang berada tepat dibawah kaki Gunung Sinabung yang  kerap di terobos masyarakat bahkan para wisatawan, Dandim menegaskan tidak ada aktivitas di sekitar Danau tersebut saat ini. Namun jika kemudian diketahui dan didapati ada yang melanggar, akan ditindak tegas. Dan untuk mengantisipasinya, pihaknya menurunkan personil TNI untuk berpatroli mengawasi kawasan danau itu.

"Kita melarang keras masyarakat memasuki kawasan Danau yang berada di kaki Gunung Sinabung, baik masyarakat maupun wisatawan. Jika mencob-coba menerobos, akan ditindak tegas. Jadi kita kembali himbau, sayangi nyawa dan keluarga anda dengan tidak memasuki kawasan berbahaya,” tegas Taufik Rizal.


Ketua Tim Tanggap Darurat Bencana, Iing Kusnadi, menuturkan, situasi Gunung Sinabung belum ada perubahan status. Statusnya tetap berada di level IV atau awas. Sehingga masyarakat tetap diminta tetap tidak beraktivitas di kawasan yang masuk zona merah.


"Status Gunung Sinabung masih di level IV atau awas. Status awas ini belum dicabut karena kita melihat potensi erupsi Gunung Sinabung masih besar, meski dalam 3 bulan terakhir tidak terjadi erupsi. Apalagi saat ini cuaca memasuki musim hujan, sehingga diminta masyarakat agar mewaspadai lahar dingin khususnya daerah Mardinding dan Perbaji,” jelas Kusnadi.


Dalam Sidak yang dilakukan Kodim 0205 /TK di Desa Suka Nalu Kecamatan Naman Teran, didapati rombongan wisatawan dari negara Malaysia ingin mencoba memasuki kawasan zona merah untuk mendekati Danau yang berada di kaki Gunung Sinabung. Namun hal ini digagalkan oleh Dandim 0205/TK dengan memberikan pengarahan, bahwa daerah itu kawasan yang berada di zona merah dan dapat membahayakan nyawa mereka, dan para wisatawan itu disarankan untuk segera meninggalkan kawasan itu. (SBTI)
Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI